5 Pengorbanan yang Tidak Perlu Dilakukan dalam Hubungan Romansa

Raka Lestari    •    Minggu, 20 May 2018 12:56 WIB
romansa
5 Pengorbanan yang Tidak Perlu Dilakukan dalam Hubungan Romansa
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Mempertahankan hubungan dengan seseorang itu berarti Anda dan pasangan harus bisa berkompromi satu sama lain demi terciptanya hubungan yang langgeng.

Namun, ada beberapa pengorbanan dalam hubungan yang sebaiknya tidak Anda lakukan, tidak peduli betapa Anda mencintai pasangan. Hal ini penting untuk mencegah abusive relationship yang kerap terjadi pada pasangan muda.

Dilansir dari Elite Daily, berikut ini adalah pengorbanan-pengorbanan yang tidak perlu ubah hanya demi hubungan Anda.

1. Tujuan hidup

Jika Anda berpacaran dengan seseorang yang tidak ingin Anda untuk memiliki impian, berarti Anda berada dalam hubungan yang salah. Satu-satunya orang yang dapat membuat keputusan tentang tujuan hidup adalah diri Anda sendiri dan Anda sama sekali tidak layak untuk bersama dengan seseorang yang malah berpikir sebaliknya.

2. Kebebasan

Memiliki pasangan tentunya berarti Anda harus mempertimbangkan pendapat orang lain dalam setiap keputusan dan sebaiknya bisa membuat keputusan yang disepakati bersama. Namun, bukan berarti Anda harus menyerahkan setiap privasi yang Anda miliki atau kemampuan untuk memilih kepada pasangan.

3. Hubungan pertemanan

Terkadang ketika Anda sedang berada dalam sebuah hubungan, mungkin Anda tidak selalu bisa bertemu dengan teman-teman sesering ketika Anda masih lajang. Namun, jika pasangan Anda selalu membatasi Anda bertemu dengan teman-teman Anda atau bahkan melarang Anda bertemu dengan mereka sama sekali tanpa alasan yang jelas, tentu itu pertanda bahwa hubungan Anda dengan pasangan berada dalam jalan yang tidak tepat.

4. Hobi dan kesukaan

Memiliki pasangan, berarti juga Anda akan menghabiskan waktu bersama dengan pasangan sehingga masuk akal jika waktu untuk diri Anda sendiri akan berkurang. Yang harus Anda waspadai adalah jika pasangan Anda menuntut begitu banyak waktu Anda sehingga Anda tidak lagi memiliki ruang untuk melakukan hobi yang Anda sukai.

5. Kebahagiaan dan kesehatan

Tidak seharusnya hubungan Anda dengan pasangan membuat kesehatan atau kebahagiaan menjadi berkurang. Jika pasangan atau hubungan justru membahayakan kesehatan mental Anda, menyakiti Anda dengan cara apa pun, atau membuat Anda percaya bahwa Anda tidak pantas untuk bahagia, itu bukan hubungan yang seharusnya Anda perjuangkan.

Tidak masalah sekuat apa perasaan Anda untuk seseorang, atau berapa lama Anda telah bersama, jika membuat Anda tidak bahagia sebaiknya akhiri saja. Anda tidak perlu mengorbankan kebahagiaan Anda bagi siapa pun, dan sejatinya pasangan yang mencintai Anda  tidak akan pernah meminta itu dari Anda.


(DEV)