Kembali Cantik Pasca Melahirkan dengan Lima Langkah Ini

Pelangi Karismakristi    •    Rabu, 20 Jun 2018 17:29 WIB
kecantikan
Kembali Cantik Pasca Melahirkan dengan Lima Langkah Ini
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Pasca melahirkan, banyak perubahan yang terjadi pada tubuh perempuan. Mulai dari lingkaran hitam pada mata, stretch mark, hingga rambut rontok.

Tak perlu khawatir karena hal itu bisa diatasi. Untuk Anda yang ingin kembali terlihat bugar, coba ikuti tips berikut. 

1. Menghilangkan lingkaran hitam

Mata bengkak dan lingkaran hitam karena kurang tidur dapat dihilangkan dengan irisan kentang atau teh celup yang sudah tak terpakai. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan irisan ketimun yang sekaligus bisa merileksasi area mata. 

2. Stretch mark

Stretch mark terbentuk karena adanya perubahan hormonal dan peregangan kulit perut. Usai melahirkan, guratan kulit ini akan terlihat makin nyata. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan pelembap atau minyak essensial yang ringan dan tidak lengket. 

3. Kulit kering dan pecah-pecah

Usai melahirkan, Anda akan menjumpai kulit kering dan pecah-pecah di area puting, kaki, dan bibir. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon dan ketidakseimbangan minyak pada kulit. Mulailah untuk rutin menggunakan minyak zaitun di area tersebut untuk memperbaikinya. 

4. Masalah rambut

Setelah melahirkan, mungkin Anda akan mengalami kerontokkan rambut akibat ketidakseimbangan hormon. Untuk mengatasinya, Anda bisa perbanyak asupan makanan dengan seperti kecambah, ikan, lentil, dan sayuran hijau. 

5. Kulit gelap

Hindarilah penggunaan scrub di seputar area gelap. Sebagai gantinya, gunakan tabir surya dengan kandungan SPF cukup. Anda juga bisa mencerahkan kulit dengan asam kojic dan makanan yang mengandung vitamin B6. 





(DEV)