Jalan-jalan di Alam Terbuka Bantu Memperkuat Ikatan Ibu dan Anak

Raka Lestari    •    Minggu, 03 Dec 2017 16:11 WIB
ibu dan anak
Jalan-jalan di Alam Terbuka Bantu Memperkuat Ikatan Ibu dan Anak
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Keluarga yang lebih banyak menghabiskan waktu bersama memiliki hubungan yang kuat. Penelitian terbaru dari University of Illinois yang dipublikasikan di Journal of Family Theory & Review  menunjukkan bahwa menghabiskan waktu bersama di alam luar dapat membuat ikatan tersebut semakin kuat.

Para peneliti memulai dengan dasar penelitian yang mengatakan bahwa menghabiskan waktu di alam dapat mengurangi kelelahan mental dan meningkatkan perhatian pada individu. Dari situ, para peneliti menyimpulkan bahwa seseorang yang pikirannya telah lebih rileks akan tidak mudah tersinggung, memiliki kontrol diri yang lebih, dan lebih mampu menangkap isyarat sosial, yang semuanya dapat memfasilitasi interaksi interpersonal yang lebih baik, ujar salah satu anggota tim peneliti Dina Izenstark , PhD, kepada Science Daily.

Untuk menguji teori tersebut, para peneliti meminta 27 pasang ibu dan anak perempuan yang berusia 10-12 tahun berjalan 20 menit bersama. Setengah dari pasangan ibu dan anak tersebut berjalan di alam, sementara setengah lainnya berjalan di mal. Setelah menguji perhatian ibu dan anak perempuan dan mengamati interaksi keluarga mereka, hasilnya jelas: jalan-jalan di alam meningkatkan interaksi positif, membantu ibu dan anak perempuan bergaul dengan lebih baik. Hal ini juga meningkatkan perhatian pada para ibu.

Meskipun penelitian ini hanya membahas ibu dan anak perempuan, berdasarkan hasil penelitian tersebut para peneliti menganjurkan untuk melakukan acara yang berbasis alam bebas bersama keluarga agar dapat menyebabkan hasil psikologis positif dan peningkatan fungsi keluarga.




(DEV)