Tak Perlu Berkecil Hati ketika Banyak Teman Sudah Menikah

Raka Lestari    •    Kamis, 11 Jan 2018 08:00 WIB
tips & trik
Tak Perlu Berkecil Hati ketika Banyak Teman Sudah Menikah
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Anda mungkin pernah merasa berkecil hati ketika menyadari status Anda masih lajang, sementara sudah banyak teman-teman yang menikah. Perasaan rendah diri seringkali membuat para lajang menutup diri dari hubungan sosial demi menghindari pertanyaan "kapan menikah."

Adalah hal yang wajar dan normal ketika Anda merasa "ditinggalkan" teman-teman yang sudah menikah," ujar Támara Hill, seorang terapis asal Amerika Serikat. Apalagi, status lajang kerap menjadi bahan lelucon.

Tak perlu berkecil hati, beberapa langkah di bawah ini bisa membuat Anda semangat kembali meski belum menemukan pasangan yang tepat.

1. Fokus pada diri sendiri

Meskipun Anda lajang, maka bukan berarti Anda tidak lebih baik dari mereka yang sudah bertunangan atau menikah. Setiap orang memiliki jalan hidupnya masing-masing. Fokus terhadap apa yang bisa membuat Anda bahagia jauh lebih penting daripada stres memikirkan status Anda yang belum juga menikah.


2. Anda tidak sendirian

"Melihat postingan foto pertunangan atau pernikahan teman-teman di media sosial mungkin dapat memicu perasaan cemburu, sedih, dan takut bahwa hal tersebut mungkin tidak terjadi pada Anda," ujar terapis berlisensi, Annie Wright. Namun, Wright menambahkan bahwa apa yang Anda alami adalah pengalaman yang juga pernah dialami sebelumnya oleh mereka yang kini telah menikah.

3. Istirahat

Beristirahat dari media sosial untuk sementara waktu agar tidak melihat foto-foto pernikahan atau pertunangan teman Anda bisa jadi hal yang terbaik, ujar Wright. "Ini juga bisa berarti tidak menghadiri pesta pertunangan atau pernikahan untuk mengalihkan perhatian."

4. Menuliskan daftar hal-hal yang patut disyukuri

Sesibuk dan semalas apapun Anda tetap harus bersyukur, ujar Wright. "Kegiatan ini akan membantu Anda memperhatikan dan fokus pada apa yang berjalan baik dalam hidup Anda terlepas bagaimana kehidupan asmara Anda.


Lihat video:




(DEV)