Cara Efektif Mencegah Anak Mengompol

Anindya Legia Putri    •    Jumat, 29 Dec 2017 16:00 WIB
keluarga
Cara Efektif Mencegah Anak Mengompol
Ilustrasi. Shutterstock

Jakarta: Mengompol umum dialami balita dan anak-anak. Di bidang medis, masalah ini disebut 'nocturnal enuresis'. Hal ini tidak menjadi masalah selama dialami anak berusia di bawah tujuh tahun.

Namun, jika kondisinya terus berlanjut bahkan setelah usia tujuh tahun, itu harus segera diatasi. Bukan dengan mencuci seprai basah setiap pagi, tapi dengan beberapa solusi efektif pada anak.

Penyebab mengompol

Alasan paling umum mengompol adalah kandung kemih kecil pada anak-anak. Alasan lainnya termasuk sleep apnea, infeksi pada saluran kemih, diabetes, keterlambatan dalam pematangan untuk mengendalikan kandung kemih, produksi urin berlebih, dan ketidakseimbangan hormon.

Gejala

Dorongan tiba-tiba untuk buang air kecil adalah gejala yang umum. Tanda lainnya adalah sembelit, haus terus menerus, nyeri saat buang air kecil, dan bahkan ruam di daerah genital.

Solusi efektif untuk mencegah anak mengompol

Madu

Ini adalah salah satu solusi termudah untuk mencegah anak-anak mengompol, karena hampir tidak ada anak yang tidak menyukai madu. Sebagai pemanis alami, tidak membahayakan tubuh, dan bisa didapat setiap hari.

Madu bersifat higroskopik, artinya menyerap dan menahan kelembaban dan cairan secara efektif. Jadi, madu bekerja dengan menahan air kencing meski kandung kemih penuh sepanjang malam. Satu sendok makan bisa diberikan kepada remaja dan satu sendok teh untuk anak-anak yang lebih muda.

Gula merah

Dalam beberapa kasus, suhu tubuh yang rendah jadi penyebab mengompol. Mengonsumsi gula merah secara teratur selama dua bulan akan meningkatkan panas tubuh secara signifikan dan dengan demikian membantu mengatasi mengompol.

Gula merah bisa dimakan langsung atau diminum dengan segelas susu. Namun, ini harus diberikan kepada anak-anak secukupnya atau sesuai takaran, karena terlalu banyak gula merah juga dapat menyebabkan masalah.

Kayu manis

Kayu manis adalah ramuan ajaib. Kayu manis memiliki sifat antioksidan untuk mengatasi berbagai masalah di tubuh, termasuk mengompol juga. Kayu manis bekerja paling baik jika penyebab mengompol adalah infeksi bakteri atau diabetes.

Mintalah anak Anda mengunyah sepotong kayu manis setiap hari. Jika dia tidak suka seperti itu, tambahkan bubuk kayu manis untuk sarapan, smoothie, dan makanan pencuci mulut.

Jus cranberry

Jus cranberry diketahui bisa menyembuhkan masalah mengompol. Segelas jus harus diberikan sebelum tidur dan pastikan hanya mengkonsumsi jus cranberry segar dan bukan kemasan. Setengah cangkir jus dapat diberikan kepada anak Anda, tiga kali dalam sehari.

Biji adas

Benih adas juga memiliki kemampuan untuk membantu mengatasi masalah mengompol. Satu sendok teh biji adas ditambahkan ke segelas susu hangat dan diminum. Konsumsi segelas minuman berkhasiat tersebut saat sebelum tidur.

Pisang

Buah lezat yang disukai semua ini memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Selain mengobati masalah pencernaan, pisang juga dapat mengatasi masalah mengompol. Berikan anak Anda 2-3 pisang masak setiap hari. Pisang bertindak dengan mengendalikan keinginan untuk sering buang air kecil.

Minyak zaitun

Mengompol terjadi sebagai akibat pelonggaran otot panggul yang tidak disengaja. Pijatan sebelum tidur dengan minyak zaitun bisa membuat perbedaan. Hangatkan minyak zaitun dan gosokkan di antara telapak tangan dan di atas perut bagian bawah anak.
Pijat selama beberapa menit dan lepaskan. Minyak zaitun memperkuat otot saluran kemih dan memperbaiki kontrol kandung kemih.


(TRK)