4 Rahasia Sederhana untuk Bahagia

Raka Lestari    •    Rabu, 11 Oct 2017 16:15 WIB
psikologi
4 Rahasia Sederhana untuk Bahagia
Berlatih fokus akan melatih diri Anda untuk lebih memikirkan diri Anda yang sekarang daripada terjebak dalam pemikiran tentang masa lalu atau masa depan. (Foto: Anthony Ginsbrook/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Banyak dari kita mengetahui bahwa satu dari lima orang pasti pernah mengalami masalah kesehatan mental selama hidup mereka. 

Orang-orang jenis ini merupakan orang-orang yang tidak dikatakan secara klinis bahwa mereka depresi atau sakit jiwa, tapi merupakan orang-orang yang kekurangan energi dan motivasi. Bisa saja karena kurang menikmati pekerjaannya, atau hubungan pribadi yang agak tegang. 



Kabar baiknya adalah adanya penelitian selama 20 tahun terakhir yang mengatakan bahwa kita memiliki lebih banyak kendali atas kesehatan mental kita sendiri daripada yang kita sadari. Misalnya Anda bisa mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga untuk mencegah penyakit fisik dan mental. 

Wellbeing Charlotte Wiseman dalam Mirror.co.uk memberikan tipsnya untuk meningkatkan kesejahteraan mental Anda, diantaranya: 

(Baca juga: Telanjang Membuat Perasaan Sedih Berkurang?)

1. Tuliskan apa saja yang Anda syukuri
Cobalah untuk menuliskan hal-hal yang Anda syukuri setiap harinya. Hal ini bisa membantu Anda melihat hal-hal positif yang ada dalam hidup Anda dan mulai untuk mengacuhkan hal-hal negatif yang terjadi dalam hidup Anda. 

2. Lebih banyak berkumpul
Studi terbaru menunjukkan bahwa merasa sendiri dapat memengaruhi kesehatan mental seseorang. Kurangnya bersosialisasi dapat menyebabkan tidur Anda terganggu serta meningkatnya risiko depresi dan menurunkan tingkat kesehatan mental.

Perasaan merasa sendiri memiliki dampak seperti merokok. Luangkan waktu setiap harinya untuk tetap bersosialisasi dengan orang lain. 



3. Lakukan peregangan (stretching)
Penelitian terbaru mengatakan bahwa dengan melakukan stretching dalam kegiatan sehari-hari dapat memberikan manfaat yang sama seperti melakukan olahraga secara teratur.

Melakukan beberapa gerakan stretching yang ringan tiga atau empat kali sehari dapat membantu mengurangi stres, mencegah kekurangan energi, membuat sistem pencernaan yang lebih sehat dan bahkan memperbaiki pola tidur serta menjaga persendian dan tulang belakang tetap sehat.

4. Mencoba lebih fokus 
Berlatih fokus akan melatih diri Anda untuk lebih memikirkan diri Anda yang sekarang daripada terjebak dalam pemikiran tentang masa lalu atau masa depan.

Hal ini dapat mengurangi stres, meningkatkan kemampuan memecahkan masalah, memperkuat sistem kekebalan tubuh, mendukung pola tidur yang lebih baik dan membantu Anda menjalani kehidupan yang lebih lama, lebih sehat dan bahagia.









(TIN)