Tanda-tanda Psikopat

Kumara Anggita    •    Rabu, 23 Jan 2019 18:06 WIB
psikologi
Tanda-tanda Psikopat
Psikopat paling suka memegang kendali. (Foto Ilustrasi: Sergiu Nista/Unsplash.com)

Jakarta: Ada orang-orang tertentu yang memiliki kesan menyenangkan saat awal bertemu. Namun seiring waktu berjalan, Anda bakal merasakan sesuatu yang janggal pada tindakannya.

Bahkan semakin dekat Anda kenal dengan dia, justru tindakannya malah menimbulkan keanehan. Bisa jadi orang tersebut adalah psikopat. Berikut ciri-ciri psikopat:

-Mereka Memesona
Menurut Reader's Digest, seorang Psikopat sangat lihai saat memberikan pujian. Mereka bisa memanipulasi targetnya yang mudah terbuai hanya dengan kata-kata. Jika Anda memiliki teman yang sering memberikan pujian tapi ada intensi di balik itu, Anda patut berhati-hati.

-Mereka Pemimpin
Psikopat paling suka memegang kendali. Mereka bisa menjadi kejam dan karismatik. Oleh karena itu, mereka biasanya berada di posisi-posisi pemimpin. Menurut Bussines Insider, mereka melihat orang sebagai objek untuk kepentingan pribadi mereka. Terdapat kesenangan tersendiri ketika mereka bisa mengubah orang lain menjadi refleksinya.

-Mereka Berselingkuh
Psikopat dalam hubungan romantis suka berselingkuh. Tujuannya adalah kekuasaan dan seks. Sebab hatinya yang dingin, membuat mereka tidak bisa membuat ikatan nyata dengan orang lain. Parahnya menurut Psycholgy Today, seorang psikopat melakukan perselingkuhan tanpa penyesalan.

-Mereka Narsis
Narsis bukan artinya suka selfie atau berswafoto, tapi mereka biasanya suka dengan kecantikan, kekuatan, dan statsus sosial. Mereka sangat mencari keanggunan dalam hidup. John M. Grohol, PsyD dalam tulisannya di PsychCentral menyatakan bahwa mereka suka memiliki khayalan bahwa mereka memiliki kelebihan dibandingkan dengan orang-orang lain seperti lebih jenius, tenar, dan kaya.


(FIR)