Ini Alasan Mengapa Ibu Lebih Percaya Sesama Ibu dalam Hal Mengurus Anak

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 14 Sep 2017 13:50 WIB
keluarga
Ini Alasan Mengapa Ibu Lebih Percaya Sesama Ibu dalam Hal Mengurus Anak
Para ibu berbagi berbagai informasi melalui blog atau mdia sosial. (Foto: Andreas Ronning/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Di era digital saat ini, tak sedikit para ibu yang mengikuti tips dari sesama ibu yang mereka lihat melalui blog atau media sosial ketimbang berkonsultasi dengan tenaga profesional. Mengapa demikian?

Bahkan dalam hal membeli barang untuk si kecil, ibu lebih senang mendengar ulasan produk dari ibu lain dibandingkan melihat produk dari situs resmi merek produk. 



Menurut Indonesia Internet Mum Survey 2017 yang diadakan oleh oleh platform konten dan komunitas Tickled Audience Platform pada Agsutus 2017, hal tersebut dikarenakan bahasa yang digunakan lebih akrab dengan keadaan mereka. 

"Para ibu memiliki bahasa yang berbeda dimana mereka menilai produk dengan lebih jujur," tukas Putri Fitria selaku perwakilan dari Tim theAsianparent Audience Indonesia dalam peluncuran Tickled Platform Indonesia, Rabu (13/9/2017). 

Selain itu, keterikatan antar-ibu juga semakin erat ketika terjadi interaksi dua arah secara daring. "Misalnya, kalau tanya di media sosial, pasti dijawab. Jadi mereka merasa dekat."

(Baca juga: Keluarga yang Habiskan Waktu Bersama di Rumah Terbukti Lebih Bahagia)

Hal tersebut tentunya berbeda dengan publik figur yang dianggap menggunakan bahasa yang udah diatur sedemikian rupa dan cenderung tak membalas komentar pengikutnya di media sosial. 

Hal inilah yang membuat munculnya para ibu sebagai influencer. Di Indonesia, pengaruh ibu influencer sangatlah besar.

Salah seorang ibu influencer, Echa, mengaku bahwa semua bermula dari kebiasaannya yang senang menulis tentang kehidupan keseharian, termasuk anaknya, di media blog pada tahun 2004 yang kemudian berlanjut hingga sekarang dan merambah dunia media sosial Instagram.

"Saya berpikir, jika saya mengalami sesuatu tak ada salahnya dibagi. Apalagi untuk urusan mengurus anak, tak ada salahnya meminta pendapat kedua dari sesama ibu," tukas wanita yang memiliki blog echaimutenan.com tersebut pada kesempatan yang sama.

Pemilik akun Instagram echaimutenan tersebut juga mengungkapkan bahwa media daring bisa menjadi wadah bagi para ibu untuk belajar pada satu sama lain.











(TIN)