Menyuapi Anak Sambil Jalan-jalan Mempererat Hubungan Ibu dan Anak

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 24 May 2017 15:36 WIB
keluarga
Menyuapi Anak Sambil Jalan-jalan Mempererat Hubungan Ibu dan Anak
(Foto: Asianet)

Metrotvnews.com, Jakarta: Para orangtua kerap menyuapi anak sambil jalan-jalan atau bermain. Belum banyak yang tahu, jika aktivitas tersebut bisa mempererat hubungan orangtua dengan bayi. 

"Memberi makan penganan atau selingan secara teratur dan dalam suasan yang menyenangkan akan mengembangkan rasa percaya mendasar yang lebih pada ibu atau orang yang mengasuh mereka," ujar psikiater anak Dr dr Thjin Wiguna SpKJ(K) dalam acara peluncuran Nestle Cerelac Nutripuffs, Rabu 24 Mei 2017.

Ia menjelaskan, selama proses pemberian makanan tersebut, maka akan tercipta stimulasi terkait gerakan motorik anak yang disertai dengan interaksi dan komunikasi dengan orang tua yang mendampingi.

Selain itu, anak akan menganggap momen tersebut sebagai momen yang menyenangkan baginya. Dengan demikian, perasaan senang dan rileks saat itu akan memberi efek positif pada tubuh dimana makanan akan masuk dengan mudah ke dalam mulut dan dicerna dengan baik.

Perasaan yang senang tersebut juga merangsang keluarnya endorfin, efek pembuat bahagia, dan akan tersimpan dengan baik di memori anak. Hormon oksitosin juga akan dikeluarkan tubuh saat perasaan senang sehingga anak menjadi lebih tenang dan rileks, gerak usua halua lancar, dan detak jantung teratur.

"Jika tubuh bekerja dengan baik, maka enzim akan lebih banyak keluar dan makanan akan terserap lebih baik juga," tutupnya.


(DEV)