Ini Alasan Mengapa Orang Lain Lebih Baik dalam Memilih Foto Profile Kita

Yatin Suleha    •    Selasa, 30 May 2017 14:40 WIB
tips & trik
Ini Alasan Mengapa Orang Lain Lebih Baik dalam Memilih Foto Profile Kita
Penampakan wajah kita yang terbiasa kita lihat atau familier ini menjadikan kita sulit untuk menentukan foto spesifik sebagai foto terbaik kita. (Foto: Rd.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Dalam Facebook, Instagram, bahkan dalam linkedIn foto profile Anda akan selalu muncul. Foto Anda bisa menjadi kesan utama sebelum seseorang kenal Anda lebih jauh. Namun, dalam penelitian menyebutkan lebih baik meminta orang lain (teman dekat Anda) untuk memilih foto profile Anda.

Alasannya menurut David White, seorang peneliti postdoctoral di the University of New South Wales Sydney mengatakan dalam Cognitive Research: Principles and Implications, bahwa kita lebih bagus jika sedang memilih foto orang lain dibandingkan ketika orang itu sendiri yang memlilih fotonya. "Ini merupakan dampak bentuk impresi seseorang," ungkap White.



(Baca juga: 3 Penjelasan Mengapa Foto Selfie Merupakan Tanda Bahagia)

White dan rekan peneliti menanyakan 100 mahasiswa untuk mengunduh 12 foto mereka ke dalam Facebook dan mereka melakukan pemilihan foto mereka sendiri untuk profile foto mereka. Termasuk juga untuk LinkedIn, dan website dating. 

Lalu 12 foto yang telah diunduh diberikan kepada orang lain yang tidak mereka kenal sebelumnya. Lalu para peneliti menanyakan sebaiknya mereka memakai foto profile yang mana untuk foto utama mereka, dengan basis nilai mana yang lebih menarik, yang jujur, serta mana yang kompeten.

Pilihan yang sudah terpilih kemudian ditanyakan kembali lewat internet, lalu hasilnya foto yang dinilai melalui internet oleh pilihan orang lain terlihat bisa lebih diminati dibandingkan dengan foto yang dipilih oleh diri mereka sendiri.



White menduga bahwa nampaknya kita terlalu terbiasa melihat wajah kita sendiri tanpa prasangka. "Penampakan wajah kita yang terbiasa kita lihat atau familier ini menjadikan kita sulit untuk menentukan foto spesifik sebagai foto terbaik kita," ungkap White.

Namun White juga mengatakan bahwa ini merupakan saran praktis saja, tidak selalu semua foto profile Anda harus merepotkan orang lain ketika Anda akan memilihnya.






(TIN)