Tanda-tanda Anak Anda Memiliki Gaya Pendekatan Avoidant Attachment

Raka Lestari    •    Selasa, 12 Jun 2018 11:09 WIB
perkembangan anak
Tanda-tanda Anak Anda Memiliki Gaya Pendekatan Avoidant Attachment
Menurut PsychAlive, seorang anak dengan gaya pendekatan avoidant attachment akan berusaha menahan diri untuk tidak menangis. (Foto: Wendy Aros-Routman/Unsplash.com)

Jakarta: Setiap anak memiliki cara pendekatan yang berbeda-beda dengan orang tuanya. Ada yang bisa dengan mudah akrab dengan orang tuanya, namun ada juga yang memiliki cara pendekatan yang cenderung malah menjauhi orang tua. 

Mungkin akan mudah jika anak Anda mudah akrab dengan orang tuanya, tetapi bagaimana jika anak Anda memiliki cara pendekatan yang justru malah membuat mereka menjauh dari orang tua. Memiliki cara pendekatan yang malah menjauhi orang tua mungkin akan membuat Anda bingung. 

Dilansir dari Romper, jika anak Anda memiliki tanda-tanda di bawah ini maka berarti mereka memiliki cara pendekatan yang membuat mereka seakan-akan menjauhi orang tua mereka.

1. Mereka fokus pada mainan mereka
Menurut GoodTherapy.org, seorang anak yang memiliki avoidant attachment style akan lebih fokus pada mainan dan lingkungan mereka daripada orang tuanya atau situasi yang asing bagi mereka. 

Jadi, misalnya, jika Anda menitipkan anak Anda di tempat penitipan anak yang baru dan mereka langsung fokus pada mainan yang disediakan oleh penitipan anak, dan tampaknya tidak terpengaruh oleh pengasuh baru mereka mungkin memiliki gaya pendekatan avoidant attachment. 


(Menurut GoodTherapy.org, seorang anak yang memiliki avoidant attachment style akan lebih fokus pada mainan dan lingkungan mereka daripada orang tuanya atau situasi yang asing bagi mereka. Foto: Courtesy o fIkostudio/Fotolia)

(Baca juga: Pola Asuh Tiger Mom, Memotivasi atau Menekan Anak?)

2. Mereka bersikap datar
Menurut GoodTherapy.org, ketika seorang anak memiliki gaya pendekatan avoidant attachment biasanya mereka akan memberikan tanggapan terhadap orang tua mereka secara datar-datar saja dan tanpa terlihat emosi apa yang mereka rasakan. 

3. Mereka tidak menangis
Jika anak Anda tampak tidak emosional, kemungkinan besar juga mereka akan jarang menangis. Menurut PsychAlive, seorang anak dengan gaya pendekatan avoidant attachment akan berusaha menahan diri untuk tidak menangis, terutama di sekitar orang tua dan atau pengasuhnya.

4. Mereka menolak kontak fisik
Menurut PsychAlive, bayi atau anak kecil yang secara aktif menolak kontak fisik dengan orang tua mereka mungkin akan cenderung memiliki pendekatan avoidant attachment. Misalnya saja, ketika anak Anda tidak suka dipeluk oleh kedua orang tua mereka. 





(TIN)