Memastikan Anak Mendapatkan Tidur Cukup

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 17 Apr 2018 17:55 WIB
tidurperkembangan anak
Memastikan Anak Mendapatkan Tidur Cukup
Meskipun lelah, anak tetap akan kesulitan tidur bila kasur tak nyaman. (Foto: Kinga Cichewicz/Unsplash.com)

Jakarta: Tekanan akademik dan penggunaan teknologi membuat si kecil cenderung kekurangan waktu istirahat. Oleh karena itu, orang tua harus memastikan anak tidak mengalami hal tersebut. 

Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan orang tua untuk membuat durasi tidur anak tetap sesuai kebutuhan pertumbuhan dan perkembangan tubuh. 

(Baca juga: Hadirnya Gadget di Kamar Pangkas Waktu Tidur Anak)

1. Olahraga fisik harian
Olahraga tiap hari berpengaruh pada tidur yang baik. Beberapa olahraga yang bisa dilakukan adalah sepak bola dengan teman-teman atau hanya bersepeda keliling kompleks.

Orang tua sebaiknya mengajak anak untuk keluar rumah agar lebih bersemangat untuk beraktivitas fisik. Namun, hindari berolahraga dua jam sebelum tidur supaya anak lebih mudah terlelap dan bangun tidak dalam keadaan lelah.

2. Penggunaan gawai sebelum tidur
Tak hanya anak, 25 persen orang dewasa juga menghabiskan waktu cukup lama di depan layar, seperti gawai atau TV, sebelum tidur.

Baiknya, peralatan elektronik dijauhkan satu jam sebelum jam tidur. Isilah momen tersebut dengan mendongeng kepada anak atau membiasakan anak membaca buku sendiri. 

3. Suasana lebih gelap 
Beberapa penelitian ilmiah membuktikan bahwa tidur dalam ruangan gelap lebih baik karena cahaya yang redup memberi sinyal pada tubuh pertanda untuk tidur.

Paparan cahaya seperti dari lampu terang, cahaya dari luar jendela, atau sinar layar gawai membuat lebih sulit tidur. 

4. Kasur nyaman 
Meskipun lelah, anak tetap akan kesulitan tidur bila kasur tak nyaman. Orang tua dan anak harus memastikan kasur bersih dan nyaman sebelum ditiduri supaya punggung tak sakit dan istirahat maksimal. 






(TIN)