Ingin Mengakhiri Hubungan, Alasan Kebanyakan Wanita Selingkuh

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 23 Aug 2018 14:52 WIB
romansapsikologi
Ingin Mengakhiri Hubungan, Alasan Kebanyakan Wanita Selingkuh
Dari berbagai alasan perselingkuhan, terapis seks mengklaim bahwa hanya ada dua akar pemicu ketidaksetiaan tersebut. (Foto: Timothy Paul Smith/Unsplash.com)

Jakarta: Setiap perselingkuhan memiliki penyebab yang berbeda. Dari berbagai alasan perselingkuhan, terapis seks mengklaim bahwa hanya ada dua akar pemicu ketidaksetiaan tersebut. 

Menurut Tammy Nelson, ahli hubungan di situs perselingkuhan Ashley Madison, salah satu konsep perselingkuhan adalah untuk mengakhiri hubungan, dibandingkan konfrontasi langsung. 

Umumnya, jenis perselingkuhan tersebut lebih sering terjadi pada wanita. 

Ahli kencan James Preece pun sependapat, di mana kondisi tersebut memandang perselingkuhan tersebut sebagai bentuk pernyataan.

"Mereka tahu bahwa jika ketahuan, maka hubungan itu akan cepat berakhir," ujarnya pada The Independent. 

Selain itu, mereka tahu tak ada harapan lagi dalam hubungan karena pasangan sudah merasa harga diri mereka rusak sehingga sulit berbaikan. 

Jenis perselingkuhan kedua, yang lebih sering dilakukan pria, adalah sebagai tindakan di mana ada bagian hidup yang tak terpenuhi dalam pernikahan. 


(Menurut Tammy Nelson, ahli hubungan di situs perselingkuhan Ashley Madison, salah satu konsep perselingkuhan adalah untuk mengakhiri hubungan, dibandingkan konfrontasi langsung. Foto: Marco Lastella/Unsplash.com)

(Baca juga: Curiga Pasangan Selingkuh? Ini Bukti Paling Umum)

Dengan kata lain, seperti ada yang kurang, baik secara seksual atau emosional. Oleh karena itu, seseorang memenuhi hal itu melalui perselingkuhan karena takut mengungkapkannya pada pasangan. 

Tipikal ini cenderung tak ingin mengakhiri hubungan, tetapi lebih ke memadamkan hasrat yang tidak didapat dari pasangan. Jawaban ini cocok dengan penelitian Ashley Madison yang mengungkapkan bahwa alasan umum mampir ke situs tersebut adalah kehilangan 'percikan' dengan pasangan. 

Namun, alasan tergoda orang ketiga juga tak bisa disepelakan. "Pria membutuhkan lebih banyak validasi daripada wanita, jadi mereka berselingkuh untuk mendapat perhatian dari orang lain," ujar Preece. 

Hal itu membuat para pria merasa lebih muda, lebih jantan, dan lebih diinginkan. Alasan tersebut juga cenderung terjadi pada pasangan yang telah memiliki anak, di mana prioritas utama berubah ke si kecil. 





(TIN)