Kebiasaan Sehari-hari yang Dapat Merusak Bulu Mata Anda

Raka Lestari    •    Sabtu, 30 Dec 2017 17:43 WIB
kecantikan
Kebiasaan Sehari-hari yang Dapat Merusak Bulu Mata Anda
Kebiasaan Sehari-hari yang Dapat Merusak Bulu Mata Anda (Foto: shutterstock)

Jakarta: Bulu mata merupakan bagian terpenting baik itu untuk penampilan atau untuk menjaga mata Anda dari debu dan juga paparan sinar matahari langsung yang bisa merusak kesehatan. Oleh karena itu, Anda sebisa mungkin menjaga kesehatan bulu mata. Salah satunya adalah dengan tidak melakukan kebiasaan-kebiasaan yang bisa merusak bulu mata Anda.

Apa saja, kebiasaan sehari-hari yang dapat merusak bulu mata Anda? Berikut ini adalah daftarnya dilansir dari Reader's Digest:


1. Tidur dengan full make up

Tetap memakai full make up saat Anda tidur tidak hanya menyebabkan jerawat, tapi juga penyebab utama kerusakan bulu mata. Cara bekerja maskara  adalah dengan membuat bulu mata kaku, sehingga sangat rentan terhadap kerusakan begitu digunakan.

Menurut Sharon Lipetz Gjieli, pemilik Makeup By Lips LLC, "Selalu pakai tisue make up atau  makeup remover di meja samping tempat tidur Anda selama malam malas saat mencuci muka bukan pilihan yang tepat."

Mudahnya, jika Anda menginvestasikan banyak waktu untuk menggunakan make up, pastikan juga untuk menginvestasikan jumlah waktu yang sama untuk menghapusnya.

2. Menjepit bulu mata setelah menggunakan maskara

Anda harus menjepit bulu mata sebelum menggunakan maskara. "Secara umum, jika Anda menggunakan penjepit bulu mata, maka Anda harus menggunakannya dengan benar sebelum Anda memakai maskara dan tidak terlalu dekat dengan ujung bulu mata. Hal ini akan merusak kutikula bulu mata dan menyebabkan kerusakan mata," kata Sabah Feroz dari Blink Brow Bar.

3. Ekstensi bulu mata

Ekstensi bulu mata merupakan cara yang mudah untuk mendapatkan bulu mata yang tebal dan panjang.

"Aku menolak untuk menyarankan ekstensi bulu mata yang terlalu berat atau terlalu lama untuk mendapatkan bulu mata alami. Hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan permanen pada folikel Anda atau menyebabkan bulu mata jatuh sebelum waktunya," ujar Talin Haghnazarian, ahli kosmetik berlisensi.

4. Menggosok-gosok mata Anda

Menggosok mata terlalu kencang bisa merusak seluruh mata Anda, termasuk bulu mata. Lakukanlah secara lembut ketika menggosok-gosok mata Anda dan ingatlah untuk melakukan dengan lembut juga saat memakai maskara dan mengeringkan wajah Anda.

5. Menggunakan make up kedaluarsa

Maskara yang sudah lama bisa menjadi tempat bagi bakteri jahat yang dapat memicu kehilangan, kerusakan, dan infeksi pada mata Anda."Aturan untuk maskara atau eyeliner adalah mengganti setiap tiga bulan sekali. Jika mata Anda selalu berair atau gatal. Sebaiknya hapuslah maskara Anda, mungkin saja itu sudah kadaluarsa," ujar Gijeli.

"Jika masalah terus berlanjut, pastikan berkonsultasi dengan ahli mata tentang hal itu, bisa saja alergi atau infeksi mata."

6. Mencabut bulu mata palsu

Mencabut bulu mata palsu secara kasar dapat membuat bulu mata asli Anda ikut tercabut juga, kata Kate Stromberg dari COLOR Salon di  Las Vegas. Cara paling aman untuk mencabutnya  adalah dengan menggunakan  pembersih berbasis minyak untuk menghilangkan lem perekat pada garis bulu mata. "Kemudian tarik perlahan dari bagian tengah bulu mata untuk melindungi bulu mata Anda dari kerusakan serius."

7. Berbagi maskara dengan orang lain

Meskipun terlihat tidak berbahaya, berbagi kosmetik dengan orang lain dapat menimbulkan dampak buruk. Alat-alat kosmetik bukanlah tempat yang bersih karena bersentuhan langsung dengan kulit berminyak, bibir pecah-pecah, dan bulu mata yang kotor. Dengan berbaginya kepada orang lain dapat menyebarkan kuman dan bakteri.



 


(ELG)