Menanti Kahiyang-Bobby Berbalut Busana Tradisional Gaya Surakarta

Pythag Kurniati    •    Jumat, 20 Oct 2017 20:39 WIB
jokowi mantu
Menanti Kahiyang-Bobby Berbalut Busana Tradisional Gaya Surakarta
Hanif Aisya menunjukkan jarit yang akan digunakan dalam rangkaian pernikahan Kahiyang-Bobby, Jumat, 20 Oktober 2017. (Foto: Metrotvnews.com/Pythag Kurniati)

Metrotvnews.com, Solo: Pernikahan putri presiden Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution tinggal tiga pekan lagi. Mengusung konsep jawa klasik, pakaian yang dikenakan adalah busana tradisional jawa gaya Surakarta.

Keluarga presiden menunjuk Doddy Nanjaya dan istrinya, Hanif Aisyah sebagai perancang busana rangkaian pernikahan Kahiyang-Bobby. Mereka ditunjuk sejak September 2017 lalu.

“Kami menangani busana prosesi pernikahan Kahiyang-Bobby, serta keluarga, kecuali busana pengantin saat resepsi,” ujar Doddy Nanjaya yang juga merupakan pemilik usaha Butik Chili saat ditemui wartawan di butiknya, Jalan RM. Said, Punggawan, Banjarsari, Solo, Jumat, 20 Oktober 2017.

Doddy menegaskan, dirinya hanya merancang busana untuk prosesi siraman, midodareni dan akad. Serta busana beberapa keluarga saat resepsi.

“Sedangkan untuk busana pengantin saat resepsi, dirancang khusus oleh perias pengantin,” tutur dia.

Seperti pakem pernikahan adat jawa, para pria termasuk Bobby akan menggunakan pakaian beskap. Ada tiga model beskap yang disiapkan oleh Doddy untuk rangkaian pernikahan putri presiden.


(Hanif Aisya menunjukkan jarit yang akan digunakan dalam rangkaian pernikahan Kahiyang-Bobby, Jumat, 20 Oktober 2017. Foto: Metrotvnews.com/Pythag Kurniati)

(Baca juga: Ditunjuk Merias Keluarga Besan Presiden, Perias Ini Siapkan Belasan Asisten)

“Beskap landung, digunakan saat siraman dan midodareni. Beskap jawi jangkep saat akad. Kemudian resepsi menggunakan beskap sikepan,” tutur dia.

Bagi para perempuan, Hanif Aisya telah menyiapkan kebaya dengan berbagai model dan warna. Termasuk kebaya untuk akad nikah putri Jokowi. 

Hanya saja, dirinya masih enggan membeberkan model serta warna kebaya yang akan digunakan Kahiyang saat akad nikah. Namun ia memastikan kebaya untuk mempelai perempuan dibuat secara khusus.

“Itu kejutan, dilihat saja nanti,” tutur Hanif Aisyah.

Sudah 80 Persen Rampung

Persiapan busana yang akan digunakan dalam rangkaian pernikahan putri presiden diklaim telah 80 persen rampung. Puluhan orang karyawan dikerahkan untuk mengerjakan pesanan keluarga presiden.

“Sekitar 30 hingga 50 orang yang mengerjakan,” kata dia.

Selain merancang busana untuk pernikahan Kahiyang-Bobby, Hanif mengatakan, juga dilibatkan merancang busana saat pernikahan Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda dua tahun lalu.

“Kembali dipercaya keluarga presiden, kami sangat bahagia,” akunya.











(TIN)