Sebaiknya Anda tak Membersihkan Hal Ini dengan Soda Kue

Raka Lestari    •    Selasa, 05 Feb 2019 13:17 WIB
tips keluarga
Sebaiknya Anda tak Membersihkan Hal Ini dengan Soda Kue
Baking soda atau soda kue selain digunakan untuk memasak, juga bisa berguna untuk hal-hal lain. (Foto: Shutterstok)

Jakarta: Baking soda atau soda kue selain digunakan untuk memasak, juga bisa berguna untuk hal-hal lain. Mulai dari membersihkan barang-barang di rumah, sebagai pengobatan tradisional, hingga untuk kerajinan tangan.

Tapi Anda perlu mengetahui bahwa tidak semua barang-barang di rumah dapat dibersihkan dengan baking soda. Terkadang ada beberapa barang-barang di rumah yang justru akan rusak jika dibersihkan menggunakan baking soda.

Dilansir dari Reader's Digest, berikut ini adalah hal-hal yang sebaiknya tidak Anda bersihkan dengan baking soda:

1. Kaca
Sebaiknya Anda tetap menggunakan pembersih kaca biasa ketika membersihkan kaca. Jika Anda mencari zat pembersih alami, lebih baik menggunakan cuka untuk permukaan kaca Anda.

"Baking soda adalah pembersih yang kasar, jadi ada kemungkinan ia akan menggores kaca atau cermin Anda," kata Marcos Franco dari Mighty Clean Home.

2. Alumunium
Boleh saja menggunakan soda kue untuk membersihkan panci dan wajan aluminium Anda, tetapi patut diingat untuk membilasnya setelah itu. 

"Baking soda dapat menyebabkan aluminium teroksidasi. Kontak yang luas akan menyebabkan oksidasi yang akan mengubah permukaan menjadi cokelat," kata Jack Prenter, pendiri Chore Bliss.

3. Marmer
Anda sebaiknya tidak menggunakan baking soda untuk membersihkan permukaan marmer atau kuarsa. Seiring waktu, baking soda akan menyebabkan kerusakan pada lapisan pelindung atas dan akhirnya meninggalkan goresan pada marmer atau kuarsa.

"Beberapa situs web merekomendasikan penggunaan soda kue pada permukaan ini, tetapi produsen batu memperingatkannya karena mereka menyadari potensi kerusakan yang dapat disebabkan dalam jangka panjang," kata Prenter.

4. Kulit Anda
Baking soda memiliki pH dasar, sedangkan kulit Anda sedikit asam. Menggunakan baking soda pada kulit secara teratur akan menetralkan kadar asam alami kulit Anda. Ini akan membuat kulit Anda terasa kering dan pecah-pecah.

5. Rambut
Mirip dengan kulit Anda, menggunakan soda kue secara teratur di rambut Anda akan menghilangkan minyak alami yang terdapat pada rambut Anda, dan dapat membuat rambut Anda terasa lebih kering dan rapuh.


(FIR)