Do and Don’t Jawab Pertanyaan Si Kecil

Yatin Suleha    •    Senin, 05 Sep 2016 18:09 WIB
psikologi anak
Do and Don’t Jawab Pertanyaan Si Kecil
(Foto: Childandfamilyblog)

 Metrotvnews.com, Jakarta: Diusia 2-5 tahun, si kecil sudah mulai banyak bertanya. Terkadang, berbagai pertanyaannya bisa membuat Anda bingung atau malu untuk menjawabnya. Psikolog sekaligus pendiri sekolah Little Shine, Jovita Maria Ferliana, M.Psi, memberikan tips do and don’t untuk menjawab berbagai pertanyaan si kecil.
 
Do
1. Hargai setiap pertanyaan si kecil karena hal ini menunjukkan rasa ingin tahunya. Rasa ingin tahu ini berarti bahwa minat si kecil terhadap lingkungannya tinggi. Hal ini juga menunjukkan si kecil peka terhadap orang lain.

2. Menjawab jujur pertanyaan si kecil. Bila Anda tidak tahu jawaban atas pertanyaan si kecil, jawablah dengan jujur bahwa Anda tidak mengetahuinya. Menjawab dengan kebohongan, hanya akan membuat Anda harus membuat kebohongan yang lainnya.

3. Bisa juga Anda mencari jawaban bersama si kecil. Misalnya mengajaknya pergi ke toko buku pada hari Minggu saat ia libur sekolah. Cara lainnya  bisa melihat video di internet atau dengan gambar-gambar yang menarik.  

Don’t
1. Jangan memberikan jawaban asal-asalan atau mengada-ada, hanya karena Anda ingin si kecil berhenti bertanya.

2. Jangan menghardik atau membentak. Hindari berkata kasar dengan nada tinggi ketika ia bertanya. Sesungguhnya ia tidak sedikitpun berniat memalukan dengan pertanyaannya. Jika ini terjadi, ajak si kecil bicara berdua lalu jelaskan.

3. Jangan malas menjawab pertanyaan si kecil. Serta jangan jadikan malas menjawab menjadi tameng ketika tidak ingin menjawab pertanyaan si kecil. 


(FIT)