Lima Tips Memulai Pertemanan saat Dewasa

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 01 Aug 2018 06:00 WIB
psikologi
Lima Tips Memulai Pertemanan saat Dewasa
"Diperlukan waktu untuk membentuk pertemanan yang langgeng, jadi jangan merasa sedih jika Anda bukan teman dekat dengan seseorang dengan segera," kata Bloomfield. (Foto: Eric Nopanen/Unsplash.com)

Jakarta: Memulai pertemanan saat usia dewasa ternyata tak semudah saat masih kecil atau di bangku sekolah. Namun, hal itu tak sesulit yang dibayangkan. 

Penasihat hubungan Barbara Bloomfield dan pencipta buku "The Friendship Cure", Kate Leaver, Memberikan beberapa tips cara berteman di dunia nyata. 

1. Memberanikan diri
Beranikan dirimu untuk mengajak mereka nongkrong. "Kebanyakan orang senang diajak. Jangan berpikir Anda terlalu berinisiatif," saran Leaver. 

(Baca juga: Pertimbangan Sebelum Menerima Pertemanan di Media Sosial)
 
2. Tunjukkan ketertarikan pada mereka
Cobalah menanyakan sesuatu yang mereka suka. "Tanyakan sesuatu yang lebih tepatnya seperti apa hobi atau aktivitas yang sedang mereka kerjakan. Dengarkan dan tanyakan lebih lanjut," ujar Leaver. 


(Beranikan dirimu untuk mengajak mereka nongkrong. "Kebanyakan orang senang diajak. Jangan berpikir Anda terlalu berinisiatif," saran Leaver. Foto: Elevate/Unsplash.com)

3. Berpikiran terbuka
"Kita sering memiliki kecenderungan untuk tertarik pada orang-orang yang seumuran, berasal dari latar belakang yang sama dan memiliki minat yang sama tetapi seseorang yang mungkin memiliki sedikit kesamaan dengan Anda di permukaan dapat memberikan perspektif yang berbeda dan membawa Anda ke pengalaman dan peluang baru," saran Bloomfield.

4. Mengungkapkan sesuatu yang bersifat pribadi sejak dini
Leaver menggambarkan pertemanan sebagai “pertukaran kerentanan” dan menyarankan mengungkapkan sesuatu yang bersifat pribadi sejak awal karena ini dapat dijadikan sebagai jalan pintas menuju keintiman, memungkinkan kedua belah pihak untuk berbicara secara terbuka satu sama lain. "Lakukan ini dan perhatikan seberapa cepat Anda merasakan hubungan dengan seseorang," katanya.

5. Sabar
"Diperlukan waktu untuk membentuk pertemanan yang langgeng, jadi jangan merasa sedih jika Anda bukan teman dekat dengan seseorang dengan segera," kata Bloomfield. Tunjukkan minat pada seseorang dengan mengundang mereka ke berbagai hal dan tetap berhubungan tanpa memberikan tekanan pada mereka.





(TIN)