Tanda-tanda Anda Orang Tua yang Bermasalah

Raka Lestari    •    Kamis, 05 Apr 2018 12:54 WIB
keluarga
Tanda-tanda Anda Orang Tua yang Bermasalah
Berikut ini adalah ciri-ciri bahwa Anda adalah orang tua yang bermasalah bagi anak-anak Anda. (Foto: Jonathan Daniels/Unsplash.com)

Jakarta: Cara mengasuh anak yang tidak baik mungkin terjadi di kehidupan sehari-hari dan mungkin tidak Anda sadari selama ini.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda bisa memperhatikan lebih dalam bagaimana pola pengasuhan terhadap anak-anak. Apa saja ciri-ciri bahwa pola mengasuh anak Anda selama ini kurang tepat? 

Berikut ini adalah ciri-ciri bahwa Anda adalah orang tua yang bermasalah bagi anak-anak Anda. 

1. Anda selalu berpikiran negatif
Orang tua dapat memiliki kecenderungan untuk tersesat dalam pikiran mereka sendiri, dan untuk orang tua yang bermasalah, perilaku ini dapat menyebabkan respons negatif pada anak-anak mereka.  

Jeffrey Bernstein, PhD, seorang ahli psikologi anak mengatakan bahwa pikiran orang tua sering menjadi akar dari perilaku negatif pada anak-anak. 

Dia menjelaskan, "Tidak ada anak yang sempurna, tetapi orang tua sering tidak menyadari betapa banyak pikiran mereka sendiri, dapat mempengaruhi perilaku terhadap anak-anak mereka yang membuat mereka emosi pada diri sendiri." 

2. Tidak bisa mengelola rasa frustasi Anda sendiri 
Dr Bernstein percaya bahwa orang tua dapat mengenali bagaimana frustrasi mereka sendiri mempengaruhi perilaku anak mereka. "Ketika Anda belajar mengidentifikasi dan mengelola frustrasi pada diri Anda sendiri sebagai orang tua, Anda akan kagum pada bagaimana perilaku menyebalkan anak Anda dapat dengan cepat berubah," katanya.


(Dr Greenberg,seorang psikolog klinis mengatakan, "Sebaliknya, Anda harus menghargai individualitas setiap anak. Membandingkannya merusak rasa percaya diri dan tidak berfungsi sebagai motivasi." Foto: Bruno Nascimento/Unsplash.com)

(Baca juga: Perkokoh Kepribadian Anak Lewat Pendidikan Digital)

3. Anda meremehkan teman-teman mereka 
Setiap anak akan membawa pulang satu atau dua teman yang mungkin menyebabkan Anda sedikit kesal. "Mengungkapkan kritik tentang teman-teman anak Anda hanya akan mengarah pada hasil yang negatif," kata Barbara Greenberg, PhD, seorang psikolog klinis.  

"Orang tua yang bermasalah akan mengkritik teman-teman anak mereka. Jika Anda mengkritik teman-teman mereka, Anda mengkritik anak-anak Anda. Setidaknya, itulah yang mereka ambil dari perilaku ini. Sebaliknya, cari tahu mengapa masing-masing teman mereka istimewa bagi mereka," katanya. 

4. Anda mengejek anak Anda
Dr Bernstein menjelaskan, "Kurangnya waktu bagi orang tua untuk beristirahat dan bersantai, dapat membuat orang tua memberikan label kepada anak, seperti malas, bermasalah, egois, dan tidak pengertian yang dapat mengakibatkan orang tua mempengaruhi anak-anak mereka memiliki identitas yang negatif."

"Dan memberikan label pada anak-anak Anda biasanya dipenuhi dengan frustrasi, rasa sakit, kemarahan, dan kebencian. Mereka akan terdemotivasi untuk membuat sesuatu yang positif." Sebailiknya fokus pada bagaimana untuk merubah perilaku anak Anda. 

5. Membandingkan anak Anda
Salah satu perilaku terburuk dari orang tua yang bermasalah adalah membandingkan seorang anak dengan saudara atau teman-temannya dengan harapan bahwa ia akan menunjukkan perilaku baik yang sama. 

Dr Greenberg berkata, "Sebaliknya, Anda harus menghargai individualitas setiap anak. Membandingkannya merusak rasa percaya diri dan tidak berfungsi sebagai motivasi."






(TIN)