Efek Sinar Matahari di Musim Panas bagi Bayi

Raka Lestari    •    Senin, 30 Apr 2018 07:37 WIB
perkembangan anak
Efek Sinar Matahari di Musim Panas bagi Bayi
Tentu saja, jika terlalu lama membawanya di luar rumah saat musim panas akan membuat bayi merasa tidak nyaman terutama untuk kulit mereka. (Foto: Omar Lopez/Unsplash.com)

Jakarta: Mungkin banyak orang tua yang bertanya-tanya berapa lama sebaiknya membiarkan anak Anda berada di luar rumah ketika musim panas?

Tentu saja, jika terlalu lama membawanya di luar rumah saat musim panas akan membuat mereka merasa tidak nyaman terutama untuk kulit mereka yang masih cenderung sensitif. 

Menurut Dr S. Daniel Ganjian, seorang dokter anak di Pusat Kesehatan Providence Saint John di Santa Monica, California, itu tergantung pada suhu di luar dan jumlah sinar matahari langsung yang akan didapat bayi Anda.  

"Secara umum, cobalah untuk tidak berada di luar ketika suhu lebih dari 85 derajat Fahrenheit (24 derajat Celsius). Aturan praktisnya adalah jika Anda tidak merasa nyaman di luar, maka bayi Anda pun tidak. Jagalah si kecil di tempat yang teduh dan minimalkan sinar matahari langsung sebanyak mungkin untuk menghindari sengatan matahari, sinar UV, ruam panas, dan dehidrasi."

Ganjian mengatakan 80 persen dari total paparan sinar matahari Anda terjadi sebelum Anda berusia 18 tahun. Jadi "untuk mencegah penyakit kulit di masa depan, perlindungan matahari harus dimulai pada masa kanak-kanak, idealnya sejak lahir."


(Untuk melindungi bayi Anda dari sinar UV sebelum mereka dapat menggunakan tabir surya, Anda dapat mencoba untuk menjauhkan mereka dari sinar matahari langsung. Foto: Picsea/Unsplash.com)

(Baca juga: Kenali Gangguan Kulit pada Bayi)

"Radiasi UV dapat menyebabkan banyak kerusakan. Menjaga anak Anda di tempat teduh dan menggunakan pakaian panjang berlengan dengan bahan ringan. Pastikan Anda memberi anak Anda banyak cairan untuk membuatnya tetap terhidrasi," sarannya.

Lalu kapan Anda bisa mulai menggunakan tabir surya pada bayi? Ganjian mengatakan bayi di atas usia 6 bulan harus menggunakan sunblock dengan SPF 30. Dan Anda perlu mengaplikasikan kembali tabir surya setiap 2 jam dan kapan pun bayi Anda habis terkena air. Sebelum berusia 6 bulan jangan berikan tabir surya pada bayi Anda karena kulit mereka sangat sensitif. 

Untuk melindungi bayi Anda dari sinar UV sebelum mereka dapat menggunakan tabir surya, Anda dapat mencoba untuk menjauhkan mereka dari sinar matahari langsung. 

"Tetapi jika tidak dapat dihindari, gunakan tabir surya hypoallergenic," menurut Ganjian. Anda juga dapat menggunakan pakaian berlengan panjang berbahan ringan yang memiliki sirkulasi udara yang baik untuk melindungi kulit mereka dari sinar UV."






(TIN)