Cara Ini Dapat Mengetahui Telur yang Segar dan yang Tidak

Raka Lestari    •    Senin, 25 Jun 2018 18:00 WIB
keluargatips memasaktips & trik
Cara Ini Dapat Mengetahui Telur yang Segar dan yang Tidak
Telur yang masih segar mungkin akan terlihat dari warna kuning telur yang terlihat cerah, lebih mudah tercampur saat dimasak. (Foto: Natalie Rhea Riggs/Unsplash.com)

Jakarta: Sudah bukan rahasia lagi bahwa telur adalah salah satu makanan yang mengandung banyak nutrisi yang penting bagi tubuh Anda. 

Telur bisa dikreasikan menjadi berbagai masakan, dan juga mudah untuk dijadikan tambahan bagi berbagai macam masakan. Ditambah lagi, telur tidak membutuhkan tempat yang luas dan bisa disimpan dalam waktu yang cukup lama, membuatnya menjadi pilihan utama ketika keadaan darurat.

Namun jika Anda terlalu banyak menyimpan telur, mungkin Anda akan mengalami sedikit kesulitan untuk membedakan mana telur yang masih segar dan mana yang sudah tidak terlalu segar.

Telur yang masih segar mungkin akan terlihat dari warna kuning telur yang terlihat cerah, lebih mudah tercampur saat dimasak, dan secara umum memiliki rasa yang lebih enak.

Menurut Marianne H. Gravely, Senior Technical Information Specialist  di U.S. Department of Agriculture menjelaskan bahwa jika telur sudah benar-benar buruk kemungkinan Anda akan mengetahuinya. 


(Salah satu cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk menguji kesegaran telur yang akan dikonsumsi adalah dengan metode pengapungan. Foto: Debby Hudson/Unsplash.com)

(Baca juga: Benarkah Kuning Telur Tak Baik untuk Kesehatan?)

Hal ini karena akan terlihat dari penampilan dan warnanya. Dan jika Anda mencurigai telur yang akan Anda gunakan tidak segar, sebaiknya memecahkannya di mangkuk terpisah.

Salah satu cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk menguji kesegaran telur yang akan dikonsumsi adalah dengan metode pengapungan. Metode ini dilakukan dengan memasukkan telur ke dalam air dan melihat apakah mereka tenggelam atau mengapung. Semakin segar telur, maka akan semakin mudah tenggelam.

Namun bukan berarti telur yang mengapung bisa Anda langsung buang begitu saja. Telur yang mengapung di dalam air bisa Anda gunakan untuk membuat telur rebus karena gelembung yang lebih besar di dalam telur membuat kulit telur lebih mudah untuk dikupas.




(TIN)