6 Tanda Atasan Mengapresiasi Kinerja Anda

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 23 Jan 2018 15:48 WIB
karier
6 Tanda Atasan Mengapresiasi Kinerja Anda
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Cara atasan mengapresiasi bawahan tidak selalu sama, ada yang secara langsung atau justru sebaliknya. Umpan balik dari atasan yang diterima nantinya akan memengaruhi bagaimana bawahan bekerja.

Bagi Anda yang penasaran dengan bagaiamana pandangan atasan terhadap kerja Anda, berikut adalah beberapa pertanda atas mengapresiasi usaha Anda.

1. Memberi perhatian besar

"Atasan yang melihat kinerja Anda menjanjikan akan memberikan banyak umpan balik, tak semua positif, kadang cukup keras, karena dia melihat Anda sebagai seseorang yang dapat mengatasinya dan siap dengan tanggung jawab yang lebih besar," tukas Suzanne Bates, CEO Bates Communication.

2. Menanyakan kontribusi

"Jika atasan sering menanyakan kontribusi Anda pada rapat tim atau personal dan banyak menghabiskan waktu mengobrol dengan Anda, itu adalah pertanda baik," ujar Bruce Tulgan, pendiri RainmakerThinking.

3. Tak selalu memuji

Tak semua atasan memberikan pujian pada bawahan yang memiliki prestasi baik. "Mereka berpikir bahwa Anda memang bagus sehingga tak perlu menyenangkan Anda, atau mereka hanya lupa karena Anda sudah banyak melakukan pekerjaan baik," tukas Bates.

Utarakan pada atasan bila Anda ingin mendapat komentar terkait pekerjaan Anda. "Sebaiknya yakinkan diri bahwa Anda sesuai dengan ekspetasi sehingga bisa melacak bagaimana performa. Jangan hanya menebak."

4. Lebih banyak tanggung jawab

Biasanya, manager memberikan tugas lebih banyak pada pegawai yang mumpuni. Meski tak mendapat tanda khusus, proyek penting umumnya akan dilimpahkan pada Anda yang lebih baik dalam bekerja.

5. Sering diminta mengajari pegawai lain

"Jika atasan Anda menyuruh orang lain menemui Anda untuk mendapatkan panduan atau instruksi atau contoh kerja bagus, ini pertanda baik," kata Tulgan.

Hal tersebut juga berlaku untuk pegawai baru dimana Anda diminta mengajari bagiamana pekerjaan dilakukan.

6. Menanyakan hal-hal khusus

Tulgan menyebutkan bahwa atasan akan menanyakan beberapa hal seperti kebahagiaan, apakah Anda berencana berhenti bekerja, dan bagaimana agar Anda betah di perusahaan, karena kinerja Anda yang baik di mata mereka.






(DEV)