Hindari Hal Ini untuk Mencegah Pertengkaran Lebih Besar

Pelangi Karismakristi    •    Rabu, 24 Jan 2018 08:00 WIB
romansapsikologi
Hindari Hal Ini untuk Mencegah Pertengkaran Lebih Besar
Melibatkan orang lain saat bertengkar tidaklah perlu selama Anda dan pasangan bisa mengondisikan dan menyelesaikannya. (Foto: Pixabay.com)

Jakarta: Meskipun terkadang tidak bisa mengontrol emosi, namun ada perkataan yang perlu Anda hindari ketika bertengkar dengan pasangan. Hal ini untuk mencegah lebih parahnya pertikaian dan menghindari hal yang tak diinginkan. 

Bahkan bisa-bisa pasangan tak menaruh hati lagi pada Anda. Untuk itu, sebaiknya Anda perhatikan hal di bawah ini saat sedang bertengkar dengan pasangan.

1. Memutus telepon
Mungkin Anda pernah sesekali bertengkar lewat telepon dengan pasangan dan tiba-tiba Anda memutus teleponnya. Lalu si dia mencoba menghubungi Anda kembali, namun Anda memutus panggilannya. Menghindari komunikasi seperti ini justru akan memperkeruh keadaan. Bila dia ingin memadamkan api, ada baiknya untuk menerima telepon darinya.

2. Menantang
Jika Anda malah menantang pasangan, akan menimbulkan bara api yang lebih besar lagi. Tak jarang juga pasangan yang akhirnya bermain fisik saat bertengkar. Memukulnya bukanlah tindakan yang baik, carilah cara lain untuk bisa mendinginkan pasangan.


(Melibatkan orang lain saat bertengkar tidaklah perlu selama Anda dan pasangan bisa mengondisikan dan menyelesaikannya. Foto: Pixabay.com)

(Baca juga: Tips Merawat Cinta dalam Pernikahan)

3. Membanting pintu
Tindakan membanting pintu atau melempas vas bunga ke dinding atau melakukan sesuatu yang menghasilkan suara, membuat pasangan Anda merasa terintimadasi dan terkejut. Dengan Anda tidak bisa mengendalikan amarah, pasangan akan memandang hal itu sebagai kelemahan Anda.

4. Melibatkan orang lain
Misalnya saja suami Anda pulang terlambat dan Anda benar-benar kesal, lalu segera menelepon orangtua dan mengeluh. Apabila suami Anda menyaksikannya dan mengetahuinya, ini akan memancing pertengkarang keluarga. Melibatkan orang lain saat bertengkar tidaklah perlu selama Anda dan pasangan bisa mengondisikan dan menyelesaikannya. 

4. Menyinggung perpisahan
Apabila Anda mengucapkan kata perceraian dalam setiap pertengkaran dengannya, pasangan Anda mungkin akan merasa terhina. Bahkan jika Anda berniat mengakhiri pernikahan, ini bukanlah ide yang baik.

5. Tidak tidur bersama
Setelah berkelahi, wajar bila Anda membenci pasangan beberapa waktu. Tapi jika pada malam hari, Anda dan pasangan tidur di ruangan terpisah untuk menghindari pertikaian, itu bukanlah pilihan yang baik. Hal ini justru akan semakin menciptakan jarak antara Anda berdua. Selesaikan permasalahan Anda secepatnya.









(TIN)