Studi: Pria Lebih Suka dengan Wanita Berambut Cerah

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 04 Jan 2018 14:28 WIB
psikologistudi kesehatan
Studi: Pria Lebih Suka dengan Wanita Berambut Cerah
Tak bisa dipungkiri bahwa penampilan dapat memengaruhi cara pandang terhadap lawan jenis, termasuk warna rambut. (Foto: Pixabay.com)

Jakarta: Tak bisa dipungkiri bahwa penampilan dapat memengaruhi cara pandang terhadap lawan jenis, termasuk warna rambut. Sebuah penelitian menemukan bahwa bagian kepala tersebut bisa membuat orang lain tertarik, selain kecantikan dan usia. 

Para psikolog dari Augsburg University di Minnesota melibatkan 110 partisipan pria diperlihatkan foto dari para wanita yang berambut pirang, coklat, dan hitam. 

Hasilnya, mereka yang memiliki warna rambut lebih cerah terlihat lebih muda dan cantik dibandingkan dengan wanita dengan rambut lebih gelap. 



(Tak bisa dipungkiri bahwa penampilan dapat memengaruhi cara pandang terhadap lawan jenis, termasuk warna rambut. Foto: Independent.co.uk)

(Baca juga: Trik agar Warna Cat Rambut Tahan Lama)

Selain itu, wanita dengan rambut pirang dan coklat lebih cerah juga umumnya dianggap memiliki potensi lebih besar sebagai pasangan romantis dan orangtua dibandingkan dengan mereka yang berambut hitam. 

"Hasil ini menunjukkan bahwa pria dapat membuat keputusan kompleks tentang wanita terkait potensi hubungan dan pengasuhan berdasarkan karakteristik yang jelas, seperti warna dan panjang rambut," demikian menurut para peneliti. 

Topik terkait warna rambut memang sudah dibahas sejak beberapa dekade, termasuk oleh naturalis Charles Darwin. Pada tahun 1869, Darwin mendapat informasi dari Dr John Beddoe terkait pasien perempuan yang ditangani. 











(TIN)