6 Cara Mudah Membasmi Kecoak di Rumah

Anindya Legia Putri    •    Kamis, 04 Jan 2018 17:05 WIB
tips & trik
6 Cara Mudah Membasmi Kecoak di Rumah
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Banyak orang sangat jijik dengan binatang kecoak. Selain wujudnya yang menggelikan, kecoak merupakan pembawa bakteri potensial bagi makanan di rumah.

Namun, adakah cara potensial untuk membasmi kecoak dari rumah?

1. Menjaga kebersihan rumah

Rumah harus bersih dari debu dan kotoran, bukan saran biasa belaka. Meninggalkan makanan di tempat terbuka dan membiarkan hidangan di atas meja untuk jangka waktu yang lama dapat membuat kecoak datang.

2. Kurangi kelembaban

Kecoa tidak dapat bertahan hidup tanpa air selama lebih dari 7 hari, sehingga mengurangi jumlah kelembaban di rumah dan memperbaiki kebocoran air yang lazim akan menyebabkan kematian mereka. Rumah harus berventilasi baik, karena sinar matahari yang masuk ke dalam rumah akan memungkinkan pengubahan bentuk air menjadi uap.

3. Gunakan wewangian kuat

Lantai harus di pel secara teratur dengan cairan wangi yang kuat. Parfum kuat akan mengusir kecoa yang datang untuk mencari makanan.

4. Asam borat

Penggunaan serbuk asam borat di daerah yang rentan terhadap kecoak akan menyebabkan penurunan pergerakan kecoa di daerah tersebut. Asam borat bisa diaplikasikan pada suatu daerah atau bahkan disemprotkan ke seluruh rumah, karena sangat mudah untuk diaplikasikan.

5. Daun salam

Menggunakan daun salam untuk mengusir kecoak adalah metode buatan sendiri yang efektif  aman dan tidak beracun. Bau yang kuat dari daun salam menghentikan kecoak agar tidak masuk, karena mereka tidak bisa mentolerir baunya. Cukup letakan daun salam di tempat yang sering dilalui kecoak

6. Jaga suhu ruangan dingin

Menjaga agar ruangan tetap dingin akan mengurangi hadirnya kecoak, karena mereka tidak bisa beradaptasi dengan udara dingin.




(DEV)