Alasan Mengapa Orang Masih Hidup Tak Muncul di Mata Uang Dollar

Raka Lestari    •    Kamis, 04 Jan 2018 16:08 WIB
sejarah
Alasan Mengapa Orang Masih Hidup Tak Muncul di Mata Uang Dollar
Pada tanggal 7 April 1866, Kongres mengabulkan permohonan Russell Thayer, seorang anggota kongres yang menyatakan bahwa uang A.S. tidak akan pernah menampilkan "potret atau rupa orang hidup" lagi. (Foto: Vitaly/Unsplash.com)

Jakarta: Pada tahun 1866, Kongres Amerika Serikat mengeluarkan sebuah undang-undang yang melarang potret atau gambar orang-orang yang hidup untuk tampil dalam surat berharga, catatan moneter, atau mata uang pos, dan masih berlaku sampai sekarang.

Spencer M. Clark, pengawas Biro Mata Uang Nasional pada tahun 1860-an adalah orang yang bertanggung jawab atas hal tersebut. 

Selama Perang Sipil, banyak orang yang mulai menimbun koin perak dan emas. Untuk mengatasi kekurangan koin, Departemen Keuangan Amerika Serikat mengeluarkan uang kertas dengan nilai 3 sen, 5 sen, 10 sen, dan sebagainya. 

Sebagai pengawas, Spencer memainkan peran penting dalam perancangan dan pengawasan peraturan baru tersebut. Pada cetakan ketiga dari uang bernilai 5 sen, Kongres meminta petugas yang sedang bertugas untuk mencetak wajah William Clark, seorang penjelajah yang terkenal dengan Lewis and Clark Expedition. 


(Pada tanggal 7 April 1866, Kongres mengabulkan permohonan Russell Thayer, seorang anggota kongres yang menyatakan bahwa uang A.S. tidak akan pernah menampilkan "potret atau rupa orang hidup" lagi. Foto: Courtesy of Via National Numismatic Collection at The Smithsonian Institution)

(Baca juga: Tips Berbelanja Cerdas Tanpa Menguras Kantong)

Namun ketika dokumennya sampai ke meja Spencer, ia hanya membaca nama belakang Clark yang kebetulan sama dengan namanya sendiri dan malah mencetak wajahnya sendiri dalam uang kertas tersebut. 

Kebingungan pun terjadi saat para anggota kongres melihat hasil cetakan uang yang ternyata wajahnya tidak mirip dengan wajah William Clark. Seorang anggota kongres, Russell Thayer dari Pennsylvania, sangat terkejut dengan apa yang dilakukan Spencer dan menganjurkan untuk mengubah undang-undang mata uang A.S.

Hingga akhirnya tepat pada tanggal 7 April 1866, Kongres mengabulkan permohonan Thayer yang menyatakan bahwa uang A.S. tidak akan pernah menampilkan "potret atau rupa orang hidup" lagi.









(TIN)