Tindakan Tepat Saat Anak Tantrum

   •    Rabu, 27 Dec 2017 15:50 WIB
psikologi anak
Tindakan Tepat Saat Anak Tantrum
Ilustrasi. (Foto: Thinkstock)

Jakarta: Temper tantrum atau ungkapan kemarahan yang kerap dilakukan oleh anak-anak karena ketidakmampuan mereka mengungkapkan hal yang diinginkan kadang membuat orang tua stres dan panik. Terlebih jika kebiasaan tersebut terjadi ketika sedang berada di tempat umum.

Namun harus dipahami bahwa tantrum adalah hal yang biasa terjadi pada anak-anak. Orang tua hanya perlu tetap tenang meskipun mungkin mengalami reaksi emosional yang sama. Beberapa trik berikut ini bisa dilakukan oleh orang tua untuk menghilangkan ekspresi kemarahan anak.

Hentikan perilaku berbahaya
Terkadang tantrum membuat anak Anda menjadi kasar baik kepada diri sendiri maupun orang lain. Ambil alih situasi dengan cepat dan tenang sambil memastikan diri bahwa Anda tidak membentak atau menunjukkan rasa kecewa Anda pada anak.

Dalam situasi tegang, tindakan lepas kendali akan mudah tercetus. Jangan sekali-kali Anda mengumpat atau melontarkan kata-kata kasar pada anak sebab hal itu hanya akan memicu mereka untuk melakukan perlawanan fisik.

Jika metode kekerasan selalu dilakukan untuk mengendalikan anak yang sedang tantrum, bukan tidak mungkin tindakan itu akan jadi contoh ketika ia menghadapi teman sebaya atau orang lain yang dianggap menghalangi dirinya.

Ubah tindakan
Ketika Anda sedang berada di tempat ramai seperti restoran atau pusat perbelanjaan, jangan menegur mereka pada saat itu juga karena akan membuat suasana semakin tegang. Bawa anak Anda ke tempat lain, dekati dengan cepat dan tenang serta buat mereka memahami bahwa tak patut mengamuk di tempat umum ketika mereka tidak mendapatkan apa yang diinginkan.

Alihkan perhatian
Saat anak mengamuk strategi paling efektif untuk menghentikannya adalah dengan mengalihkan perhatian mereka. Anak-anak memiliki fokus yang pendek dan mudah terganggu dengan perhatian lain yang lebih menarik.

Memetakan kebiasaan anak
Merasa lelah atau lapar adalah pemicu utama tantrum pada anak. Cara untuk mengantisipasinya adalah ketahui jadwal harian anak. Misalnya jika anak membenci waktu mandi, mungkin mereka akan mengamuk ketika Anda suruh.

Mengukur apa yang mengganggu anak dan mengatasinya bisa menghindarkan Anda dari sikap tantrum mereka. Fokus pada alasan mengapa mereka sampai mengamuk dan buatlah catatan sehingga Anda siap menangani situasi seperti ini kapan saja.

Kasih sayang
Ketika anak mengamuk, itu adalah sinyal bahwa mereka membutuhkan anda. Meski sulit, tunjukkan kasih sayang Anda. Belas kasih adalah cara terbaik meredam amukan anak dan beri mereka pemahaman untuk bicara baik-baik dan tak perlu mengamuk. (Gulfnews)




(MEL)