Penonton dalam Perundungan Bisa Melakukan Ini

   •    Jumat, 11 Aug 2017 08:00 WIB
bullying
Penonton dalam Perundungan Bisa Melakukan Ini
Menurut Psikolog TigaGenerasi Brawijaya Clinic, Marcelina Melissa M.Psi ada hal yang bisa dilakukan bystander untuk membantu mengurangi bullying. (Foto: Janko Ferlic/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bystander atau penonton memiliki peranan penting dan kekuatan untuk memaknai ulang ketidakseimbangan kekuasaan antara korban dan pelaku dalam dinamika fenomena bullying.

Menurut Psikolog TigaGenerasi Brawijaya Clinic, Marcelina Melissa M.Psi berikut adalah hal yang bisa dilakukan bystander untuk membantu mengurangi bullying dimanapun mereka berada.

• Tidak memberikan respons positif kepada pelaku saat mereka melakukan kekerasan atau tindakan yang membuat malu dan merugikan korban. Misalnya: bertepuk tangan atau menyoraki, menertawai korban, serta ikut melakukan tindakan bullying meskipun secara tidak langsung.

(Baca juga: Program Peer Group Dinilai Mampu Cegah Perundungan di Sekolah)



• Tidak menjadikan pelaku sebagai sosok yang diidolakan. Pelaku memiliki kemungkinan adalah sosok yang memiliki kelebihan tertentu. Misalnya: memiliki postur tubuh yang lebih besar, memiliki lebih banyak teman, diidentikkan dengan sesuatu yang sedang populer. 

Dengan tidak menjadikan pelaku sebagai sosok yang diidolakan karena melakukan tindakan bullying, maka pelaku akan secara perlahan tidak mengasosiasikan bullying sebagai cara untuk menaikkan popularitas atau mendapat kekuasaan.

• Melaporkan kepada figur otoritas apabila tindakan bullying yang dilakukan dirasa sudah mengganggu dan berada di luar batas wajar.

Meskipun terkadang posisi bystander adalah posisi yang serba sulit, dimana mereka tidak ingin mendapat masalah atau menjadi korban, namun laporan yang diberikan oleh bystander adalah sumber informasi yang terpercaya dan berharga. 











(TIN)