Studi: Menikah Dapat Meningkatkan Kesehatan

Torie Natalova    •    Sabtu, 10 Jun 2017 11:19 WIB
studi kesehatan
Studi: Menikah Dapat Meningkatkan Kesehatan
Berdasarkan sebuah penelitian terhadap hampir satu juta orang dewasa yang memiliki masalah jantung, memiliki suami atau istri dapat membantu atau mendukung merawat diri sendiri lebih baik. (Foto: Pinterest/isabellawirth.de)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pernikahan adalah sebuah tahap kehidupan manusia untuk memiliki keturunan dan meneruskan generasinya bersama orang yang dicintai. 

Dalam sebuah pernikahan, tak jarang pertengkaran sering terjadi dan tak sedikit pula yang menjalani pernikahan dengan kebahagiaan dan lebih sedikit mengalami pertengkaran.



Selain soal kesehatan mental, pernikahan juga memiliki manfaat kesehatan yang serius. Berdasarkan sebuah penelitian terhadap hampir satu juta orang dewasa yang memiliki masalah jantung, memiliki suami atau istri dapat membantu atau mendukung merawat diri sendiri lebih baik.

(Baca juga: Menggendut Setelah Menikah? Ini Penyebabnya)

Penelitian yang dipresentasikan di British Cardiovascular Society tersebut, melihat kematian dari semua penyebab dan menemukan bahwa pria dan wanita yang telah menikah dan berusia 50 hingga 70 tahunan dengan kolesterol tinggi, 16 persen lebih mungkin bertahan hidup lebih lama dibanding mereka yang tidak menikah.

Peneliti melihat tampaknya ada sesuatu tentang menikah yang diyakini sebagai pelindung.

Tidak hanya pada pasien dengan penyakit jantung tapi juga orang-orang dengan faktor risiko penyakit jantung, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi atau diabetes.

Namun, penelitian ini tidak melihat pada orang yang telah menikah kemudian bercerai atau menjadi duda dan janda karena kematian salah satu pasangannya.

Selain itu, peneliti juga berharap dapat menerapkan manfaat dari sebuah pernikahan pada hubungan yang lain seperti teman, keluarga dan jaringan sosial lain.







(TIN)