4 Jurus Jitu Mengusir Rasa Malas

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 19 Aug 2017 15:38 WIB
tips karier
4 Jurus Jitu Mengusir Rasa Malas
4 Jurus Jitu Mengusir Rasa Malas (Foto: gettyimages)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bermalas-malasan di rumah adalah salah satu kegiatan favorit sebagian orang saat berada di rumah. Bahkan, beberapa orang juga bisa melakukannya di kantor.

Bagi Anda yang ingin mengusir rasa malas, berikut adalah 4 hal yang bisa Anda persiapkan agar bisa lebih produktif.

1. Membuat daftar kegiatan
Hal satu ini jelas membantu. Namun, perlu dibuat dengan cara tertentu agar semakin efektif.

"Pertama dan utama, buatkan daftar yang pendek dan bisa dilakukan. Lakukan juga tugas menyenangkan di antara tugas yang tak Anda senangi," saran psikolog klinis Dr. Carla Marie Manly.

Jika Anda berhasil melakukan semua tugas dalam daftar, manjakan diri dengan bersantai seperti menonton TV atau makan camilan.

2. Undang teman untuk makan malam
Mengundang seseorang ke rumah justru bisa menjadi motivasi untuk membersihkan tempat tinggal Anda yang berantakan dan mengisi cadangan makan di rumah. Anda akan memperkirakan kapan waktu bebersih sehingga saat tamu Anda datang, rumah sudah rapi. Tentunya hal itu membuat Anda tak bisa bermalas-malasan.

3.  Menilai karier
Jika Anda menemukan diri Anda lebih sibuk melakukan hal tak penting di kantor, kemungkinan itu pertanda Anda bosan. Cobalah untuk mengikuti penilaian karier untuk melihat apakah minat, sasaran, dan nilai Anda selaras dengan bagaimana Anda menghabiskan waktu di kantor.

"Jika Anda senang dengan pekerjaan Anda, Anda akan lebih banyak menghabiskan waktu pada hal itu. Hasrat selalu mengalahkan ketidakpedulian," kata Roy Cohen seorang pelatih karier.

4. Ambil waktu sejenak
Akan ada waktu Anda merasa tak memiliki motivasi. Cobalah untuk melakukan beberapa hal sederhana, seperti meditasi atau olahraga ringan.

"Bangunlah lebih cepat, berjalan selama 10 menit atau meditasi di sela-sela jam kerja dapat meningkatkan suasana hati dan memberi energi supaya lebih termotivasi dan produktif," ujar Dr. Nesochi Okeke-Igbokwe dari NYU Langone Medical Center.


(ELG)