4 Tips Atasi Bayi yang Suka Memilih Makanan

Raka Lestari    •    Senin, 11 Sep 2017 14:27 WIB
tumbuh kembang bayi
4 Tips Atasi Bayi yang Suka Memilih Makanan
Gunakan cara yang lebih bijaksana untuk membuat si kecil menyukai suatu makanan. (Foto: Janco Ferlic/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Biasanya bayi sangat sulit dalam makan makanan bergizi. Hal ini tentu saja menjadi kekhawatiran bagi para orangtua. Dengan menetapkan makanan seimbang dan sehat kepada si kecil, Anda akan bisa memaksimalkan peluang si kecil menjadi pemilih terhadap makanan dan pola makan sehat di kemudan hari.

Untuk mencapai hal tersebut, inilah yang harus dilakukan:

(Baca juga: Saluran Cerna Anak Sensitif? Berikan Makanan Ini)



1. Kenalkan pada makanan yang beragam
Menjadi orang yang pemilih dalam hal makanan memang berdasarkan dari garis keturunan. Namun bukan berarti para orangtua menyerah begitu saja. Cobalah berikan pilihan makanan yang beragam agar si kecil lebih bisa mengeksplorasi rasa makanan. 



2. Campurkan dengan makanan kesukaannya
Mencampurkan sayuran dengan ASI atau susu formula mungkin terdengar tidak enak, tapi ini adalah cara yang cukup efektif untuk memastikan bayi Anda merasakan rasa baru bersamaan dengan rasa yang disukainya.  



3. Jangan menyerah
Pada awalnya mungkin anak kecil tidak menyukai makanan yang Anda berikan. Apalagi jika ia belum pernah mencobanya sama sekali. Jika Anda tetap bersabar dan terus mencobanya mungkin anak Anda akan menyukai makanan yang Anda berikan tersebut pada akhirnya.



4. Jangan memaksa 
Memberi makan Anda bisa menjadi sesuatu yang sangat menguras tenaga, terutama jika sang anak pemilih terhadap makanan. Beberapa penelitian mengatakan bahwa memaksa anak terlalu keras untuk mencoba beberapa makanan tidak akan berhasil. Gunakan cara yang lebih bijaksana untuk membuat mereka menyukai suatu makanan.












(TIN)