Tren Interior Tahun Depan Didominasi Warna Merah Muda

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 05 Dec 2017 17:17 WIB
tips & trik
Tren Interior Tahun Depan Didominasi Warna Merah Muda
Tren Interior Tahun Depan Didominasi Warna Merah Muda (Foto: Sri Yanti Nainggolan)

Jakarta: Setiap tahun, tren warna interior rumah mengalami perubahan. Berdasarkan riset perusahaan cat tembok, tahun ini dominasi warna merah muda atau pink  akan menjadi primadona.

Berbagai perubahan yang tak terprediksi pada zaman ini membuat orang cepat mengalami perubahan suasana hati dan membutuhkan jalan keluar untuk menghilangkan perasaan penat. Rumah merupakan jawaban sederhana untuk mendapatkan kenyamanan dan kehangatan. Hal tersebutlah yang menjadi dasar pemilihan tren warna pink untuk interior rumah tahun ini.

"Kita memerlukan rumah yang menyenangkan yang membuat kita merasa seperti disambut, a welcome home. Ketika kita memikirkan rumah, yang ada dalam pikiran adalah kehangatan. Jadi, nuansa kehangatan adalah tren tahun depan," papar Jeremy Rowe selaku Managing Director dari Akzonobel Decorative Paints South East & South Asia, Middle East dalam peluncuran Dulux Colour of The Year 2018, Selasa, 5 Desember 2017.

Oleh karena itu, tema warna yang diambil untuk 2018 adalah heart wood, yang artinya suasana hati saat ini.

Pemilihan konsep warna yang merupakan kombinasi dengan warna merah muda tersebut juga diambil berdasarkan beberapa kepribadian pemilik rumah.

Pertama, ada konsep warna untuk mereka yang tertutup atau introvert. Umumnya karakter yang dimiliki adalah sadar diri, banyak berpikir, dan penyendiri. Oleh karena itu, perpaduan warna yang cocok adalah warna heart wood  dengan warna-warna hangat dan mendalam seperti warna tanah liat dengan dengan sentuhan bahan kulit, velvet atau sutera. Warna-warna tersebut akan menyeimbangkan warna dasar yaitu merah muda, membuat rumah terasa nyaman (The Comforting Home).



Kedua, bagi mereka yang berkepribadian terbuka atau ekstrovert, umumnya sesuai dengan konsep The Inviting Home, yang umumnya merasa nyaman dengan paduan warna sejuk dan netral seperti hijau atau biru yang dikombinasikan dengan perabot berbahan katun atau linen. Umumnya, indvidu dengan sifat inkluaif, optimis, dan kolaboratif akan merasa nyaman dengan ruangan bernuansa tersebut.



Ketiga, terdapat konsep The Playful Home  yang dipersembahkan untuk mereka yang periang dengan ciri khas senang bertualang, mudah penasaran, tenang, dan mudah beradaptasi. Pilihan warna yang tepat untuk tipikal ini adalah dominasi kuning dan hijau yang sesuai dengan karakter.


 


(DEV)