Saatnya Bereskan Kertas-kertas Anda

Yatin Suleha    •    Kamis, 17 Nov 2016 12:11 WIB
tips & trik
Saatnya Bereskan Kertas-kertas Anda
Menurut National Association of Professional Organizers, 80 persen dari apa yang kita simpan ke dalam file juga tidak pernah dilihat lagi. Untuk itu, Anda perlu menyortirnya. (Foto: Pinimg)

Metrotvnews,com, Jakarta: Anda mencari kertas transferan yang sulit, padahal baru tadi siang Anda meletakkannya di dalam tumpukkan kertas file lainnya. Kondisi Anda selalu seperti ini? Saatnya Anda membereskan kertas-kertas yang tidak penting. 

Dan menurut National Association of Professional Organizers, 80 persen dari apa yang kita simpan ke dalam file juga tidak pernah dilihat lagi. Ini membuktikan bahwa Anda harus sedikit rajin (mungkin saat weekend) untuk membereskan file dan kertas-kertas yang sudah tidak Anda gunakan lagi.

Kami berikan tipsnya dari National Association of Professional Organizers untuk membereskan meja Anda lagi dari tumpukkan kertas yang tidak diperlukan lagi.

1. Daur ulang
Brosur, katalog, surat kabar segera setelah Anda membacanya letakkan di sebelah tempat sampah khusus kertas. Ketika waktunya Anda menyortir yang sudah tidak terpakai, buang.

2. Buang 
Buang file "lain-lain" Anda. Jika selembar kertas layak disimpan, kertas tersebut patut diberi label khusus.

3. Simpan
Hanya kertas penting seperti dokumen pajak, agunan, surat mobil, asuransi yang Anda simpan.

(Baca juga: Tips Memilih Laptop Murah di Bawah Rp4 Juta)

4. Ubah
Ubah foto dari dokumen menjadi PDF, cari aplikasi gratisnya, lalu ubah agar file bisa lebih ringkas.

5. Beralih
Buang kertas tagihan surat kredit segera setelah Anda membayarnya. Cara yang lebih smart lagi adalah minta tagihan secara digital dan bayar secara online.

6. Aplikasi
Gunakan aplikasi Mia untuk mengambil foto dari depan dan belakang kartu kredit, asuransi, semua yang penting uang Anda bawa di dalam dompet sehingga semua tersimpan dalam satu tempat aman. Ini berguna jika tiba-tiba dompet Anda hilang dengan semua kartu penting Anda raib.

7. Daftarkan
Daftarkan alamat Anda di sebuah aplikasi untuk menghentikan surat "sampah" berdasarkan kategori (kartu kredit, katalog, dan lainnya) seperti DMAchoice.org misalnya.






(TIN)