5 Masalah yang Membuat Pertunangan Gagal Berlanjut ke Pernikahan

Raka Lestari    •    Senin, 28 May 2018 08:00 WIB
tips pernikahan
5 Masalah yang Membuat Pertunangan Gagal Berlanjut ke Pernikahan
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Ketika sebuah hubungan sudah sampai ke tahap pertunangan, biasanya sudah hampir bisa dipastikan bahwa pasangan kekasih akan melanjutkan ke jenjang yang lebih serius, yaitu pernikahan.

Namun terkadang, pertunangan tidak selamanya bisa dijadikan tolok ukur yang kuat. Untuk itu, jika Anda memiliki keraguan mengenai rencana pernikahan Anda, berikut ini adalah beberapa tanda bahwa hubungan Anda berpotensi menimbulkan masalah, dikutip dari Elite Daily.

1. Tidak memiliki keselarasan dengan pasangan

Ketika memasuki perencanaan untuk menikah, Anda dan pasangan harus memiliki penilaian yang sama. "Jika satu pihak benar-benar peduli terhadap urusan pernikahan seperti membagikan undangan atau hal lain, sementara yang lain tidak peduli, itu bisa menjadi indikasi kurangnya kompromi dan belas kasih dalam suatu hubungan," ujar Alexis Dent, pendiri XO Juliet, sebuah layanan khusus mengenai pernikahan.

2. Tidak bisa berkompromi satu sama lain

Berbicara tentang kesepakatan, Dent mengatakan bahwa pasangan yang tampaknya tidak setuju terhadap setiap aspek pernikahan dan tidak mau saling mengalah satu sama lain mungkin tidak cocok untuk hubungan jangka panjang.

3. Kesulitan mengingat pengalaman positif

Menurut Dent, mengingat-ingat pengalaman menyenangkan yang pernah dilalui bersama dapat menjadi pondasi yang kuat ketika hubungan yang sedang dijalani mengalami masa-masa sulit.

"Jika Anda tidak bisa berpikir masa-masa indah yang pernah dilalui bersama pasangan, mungkin sebaiknya membereskan masalahnya sampai ke akarnya," ujar Dent.

4. Sudah terlalu lama bersama

Terkadang, hubungan yang sudah dilalui dalam jangka waktu yang cukup lama dirasa bisa menjadi alasan kuat untuk lebih masuk ke jenjang yang lebih serius. Padahal, lamanya hubungan tidak bisa menentukan hal tersebut. Sering kali, pasangan yang telah bersama dalam waktu yang cukup lama memiliki masa-masa yang paling sulit, terutama  jika Anda memiliki keraguan tentang hubungan atau Anda pernah putus dan kembali bersama sebelumnya, ujar Dent.

5. Ada faktor lain dalam hubungan selain cinta

Menurut Dent, jika Anda dan pasangan terburu-buru ingin melakukan pernikahan karena ingin segera memiliki anak, misalnya maka itu bukanlah alasan yang tepat.  Lakukan itu karena Anda ingin menghabiskan sisa hidup Anda dengan pasangan Anda, dan jangan biarkan pengaruh dari luar seperti waktu, uang, atau hal lain yang tidak penting memengaruhi rencana pernikahan Anda.





(DEV)