Benarkah Anak Tunggal Cenderung Mudah Berselingkuh?

Raka Lestari    •    Minggu, 22 Apr 2018 19:13 WIB
romansa
Benarkah Anak Tunggal Cenderung Mudah Berselingkuh?
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Anak tunggal seringkali identik memiliki kepribadian yang egois, manja, dan suka mencari perhatian. Sebuah penelitian terbaru bahkan menemukan bahwa anak tunggal memiliki kecenderungan untuk selingkuh dari pasangannya.

Penelitian tersebut dilakukan oleh Illicit Encounters, sebuah situs kencan bagi para pasangan menikah yang sengaja melakukan perselingkuhan.

Situs ini menemukan bahwa mayoritas penggunanya yaitu sebanyak 34 persen adalah anak tunggal, 28 persen adalah anak pertama, dan 23 persen adalah anak terakhir. Sedangkan anak tengah, situs ini melaporkan hanya terdapat 15 persen pengguna mereka yang merupakan anak tengah, sementara sekitar 24 persen pengguna memiliki saudara tiri.

Illicit Encounters mengemukakan bahwa anak tunggal memiliki kecenderungan untuk melakukan perselingkuhan karena mereka menginginkan perhatian. Juru bicara situs tersebut, Christian Grant mengatakan, "Sudah umum dketahui bahwa anak tunggal sering mengalami perasaan kesepian yang sangat besar pada masa kanak-kanak mereka, dan perasaan itu kembali menghantui mereka ketika mereka sudah memiliki hubungan jangka panjang."

Karena kekurangan perhatian dalam waktu yang lama, itu membuat mereka sangat membutuhkan perhatian. Ini menyebabkan ketika pasangan sedang pergi dalam waktu yang cukup lama, mereka merasa membutuhkan perhatian sehingga perselingkuhan adalah solusi untuk mereka mendapatkan perhatian," ujarnya seperti dilansir dari Independent.

"Di sisi lain, anak tengah terbiasa dikelilingi orang tua dan saudara yang penuh kasih sehingga mereka tidak membutuhkan perhatian yang besar dan tetap merasa nyaman ketika harus berjauhan dengan pasangan."

Selain itu, menuru Grant, memiliki saudara tiri juga dapat memengaruhi kecenderungan seseorang untuk melakukan perselingkuhan. Hal ini karena dipengaruhi secara negatif oleh masa kecil mereka. Setelah melihat orang tua mereka tidak dapat bahagia dengan satu pasangan, sangat mudah untuk melihat mengapa mereka lebih rentan untuk melakukan selingkuh.


Lihat video:




(DEV)