Cara Membuat Masker Rambut Berbahan Telur

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 21 Apr 2018 19:28 WIB
kecantikantata rambut
Cara Membuat Masker Rambut Berbahan Telur
Cara Membuat Masker Rambut Berbahan Telur

Jakarta: Kurangnya asupan protein dapat menyebabkan kerusakan rambut. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan bahan yang tinggi protein saat melakukan perawatan rambut.

Telur adalah sumber protein yang tak hanya bisa dimakan, tetapi juga dijadikan sebagai masker perawatan rambut. Berikut adalah beberapa macam masker rambut yang berbahan dasar telur.

1. Kuning telur dan minyak zaitun
Telur dan minyak zaitun membantu melembabkan dan menghaluskan rambut sehingga menjadi mudah diatur. Campurlah dua kuning telur dalam mangkuk, tambahkan dua sendok makan minyak zaitun dan aduk rata. Anda bisa menambahkan air agar campuran mudah diaplikasikan. Bagilah rambut menjadi beberapa bagian dan gunakan campuran tersebut dengan bantuan sikat. Biarkan campuran di rambut selama 1-2 jam dan cuci dalam air dingin dengan sampo ringan dan masker biasa. Gunakan masker tersebut sekali dalam seminggu.

2. Telur dan mayones
Mayones mengandung agen yang membantu mengondisikan rambut, Campurkan dua telur utuh dan 4 sendok makan mayones. Tambahkan 1 sendok makan minyak zaitun untuk membentuk campuran yang bagus. Oleskan campuran tersebut dari akar hingga ujung rambut Setelah 30 menit, bilas dengan air dingin menggunakan sampo bebas sulfat. Masker tersebut bisa digunakan seminggu sekali.

3. Telur dan madu
Madu membantu memperkuat folikel rambut, yang membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. Campurkan 1 kuning telur ke dua sendok makan madu dalam mangkuk. Oleskan campuran tersebut pada rambut dan tutup dengan topi mandi. Setelah 20 menit, bersihkan dengan air dingin. Anda dapat mencoba masker tersebut sekali dalam seminggu selama beberapa minggu untuk melihat hasil yang lebih cepat.

4. Telur dan yogurt
Tambahkan seperempat cangkir yogurt tawar dan satu butir telur dalam mangkuk. Gunakan masker tersebut setelah keramas dalam air biasa selama 5 menit. Perawatan tersebut bisa dilakukan kapan saja.

5. Telur dan minyak kelapa
Masukkan adukan telur dengan 2 sendok makan minyak kelapa dalam satu mangkuk, kemudian aduk hingga tercampur. Tambahkan 1 sendok makan madu ke dalam campuran tersebut (opsional). Oleskan campuran tersebut pada rambut dan pijat lembut rambut dan kulit kepala. Diamkan selama sekitar 20 menit dan kemudian bilas. Jika Anda merasa rambut Anda terlalu berminyak, Anda bisa menggunakan sampo. Jika tidak, hindari menggunakan sampo.

6. Telur dan cuka
Kocoklah dua kuning telur dalam mangkuk dan tambahkan 4 sdm cuka, 2 sendok makan jus lemon, dan 2 sendok makan minyak zaitun. Oleskan campuran tersebut pada rambut. Perawatan tersebut bisa dilakukan seminggu sekali agar rambut terlihat halus dan lembut.

 


(ELG)