Tak Hanya Menemani, Orang Tua Perlu Terlibat dalam Aktivitas Bersama Si Kecil

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 27 Jul 2018 14:49 WIB
keluarga
Tak Hanya Menemani, Orang Tua Perlu Terlibat dalam Aktivitas Bersama Si Kecil
Acara konferensi pers Nestlé LACTOGROW Grow Happy yang dihadiri oleh Titi Kamal dan keluarga. (Foto: Dok. Medcom.id/Sri Yanti Nainggolan)

Jakarta: Banyak orang tua berusaha meluangkan waktu bersama si kecil di tengah kesibukan. Namun, apakah waktu tersebut berkualitas?

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Nestle LACTOGROW menemukan bahwa 69 persen dari 370 responden memiliki kebiasaan menemani si kecil saat menonton TV di mana 48 persen mengaku ikut terlibat.

Bentuk keterlibatan umumnya dilakukan dengan membicarakan hal-hal yang berhubungan dengan program TV yang ditonton.

Penelitian yang dilakukan pada orang tua dengan anak berusia 2-5 tahun di 6 kota di Indonesia tersebut mencari tahu seberapa penting kebahagiaan anak bagi orang tua.

(Baca juga: Kebahagiaan, Salah Satu Faktor Penentu Tinggi Badan Manusia)

Hasilnya, terdapat perbedaan persepsi dalam menangkap kebahagiaan anak pada kaum urban di kota-kota besar seperti Jakarta, Makassar, dan dengan kaum rural (kawasan pedesaan) seperti Tanah Toraja dan Cirebon.

"Kaum urban melihat persepsi kebahagiaan anak lebih dalam, sampai ke konteks kemajuan bangsa. Sementara, kaum rural menganggap anak yang tersenyum sudah cukup (menunjukkan makna bahagia)," terang Gusti Kattani Maulani selaku Brand Manager Nestlé LACTOGROW dalam konferensi pers Nestlé LACTOGROW Grow Happy, Jumat 27 Juli 2018.

Selain itu, penelitian tersebut juga menemukan bahwa ekspresi anak tak selalu bisa dijadikan patokan kebahagiaan. Artinya, anak dengan ekspresi yang selalu ceria bisa saja tak merasa puas karena orang tua yang tidak memerhatikannya. Karena itu, keterlibatan orang tua secara psikologis adalah faktor penting.

"Selain nutrisi, stimulasi pada anak juga diperlukan, misalnya dengan menemani sambil membacakan cerita, yang adalah bentuk keterlibatan orang tua," Lani menyontohkan.




(TIN)