Orang Tua Terjerat Narkoba, Anak-anak Butuh Figur Pengganti

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 03 Aug 2017 19:29 WIB
keluargatora sudiro
Orang Tua Terjerat Narkoba, Anak-anak Butuh Figur Pengganti
(Foto: Huffington Post)

Metrotvnews.com, Jakarta: Dalam sebuah keluarga, tak jarang anggota keluarga di dalamnya terkena masalah. Tersandung kasus narkoba, misalnya. Ini menjadi ironi mengingat orangtua adalah teladan bagi anak-anaknya.

"Kalau kedua orang tua bermasalah, maka harus dimunculkan figur pengganti," ujar psikolog Ayoe Sutomo saat dihubungi Metrotvnews.com, Kamis (3/7/2017).

Ia menerangkan, figur pengganti diharapkan bisa melindungi anak-anak secara fisik dan psikologis. Baiknya, mereka adalah orang-orang terdekat seperti kakek atau nenek, saudara dari orang tua, atau sahabat orang tua.

Figur pengganti diharapkan dapat mendampingi anak-anak pada masa krisis agar anak-anak tidak syok dan dapat beradaptasi dengan keadaan.

Oleh karena itu, sebaiknya figur pengganti tinggal bersama anak-anak atau memboyong anak-anak ke tempat tinggalnya (bila ternyata figur pengganti memiliki keluarga). Hal ini juga bertujuan untuk mengantisipasi pandangan orang sekitar yang negatif.

"Terkadang apa yang orang sekitar sampaikan pada kita tak selalu benar. Meskipun benar, cara penyampaian yang kurang tepat dapat membuat anak-anak terluka," tambah Ayoe.

Psikolog di Klinik Citra Ardhita Medifarma tersebut menegaskan,  diperlukan orang yang dapat membuat anak-anak merasa aman meskipun mereka tak menunjukkan perubahan perilaku yang signifikan.

"Ada anak yang mengekspresikan rasa kaget atau syok mereka. Ada juga yang tidak karena bisa melakukan penyesuaian dengan baik. Namun mereka tetap butuh perlindungan di saat orang tua sedang menyelesaikan masalah," tutupnya.




(DEV)