Screening Kepribadian Langkah Awal Mengenal Lebih Jauh Pasangan

Yatin Suleha    •    Kamis, 07 Sep 2017 12:06 WIB
keluarga
Screening Kepribadian Langkah Awal Mengenal Lebih Jauh Pasangan
Beberapa temuan penelitian mengatakan bahwa masalah dalam pernikahan dipicu oleh faktor komunikasi. (Foto: Priscilla du Preez/Unspalsh.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ria dan Romi sudah berpacaran hingga 13 tahun, namun pernikahan mereka kandas juga. Apa yang salah dari pernikahan ini? Sepintas awam akan menilai hal apa yang salah karena perkenalan mereka sudah cukup lama. Bahkan, kisah kasih mereka sudah terjalin dari sejak duduk di bangku sekolah.

Psikolog anak, remaja, dan keluarga Efnie Indrianie, M.Psi dari Fakultas Psikologi, Universitas Kristen Maranatha, Bandung mengatakan bahwa lamanya pacaran tidak menjamin kondisi perkawinan seseorang. 



Hal ini karena setiap pernikahan akan ada miskomunikasi namun derajatnya berbeda-beda. "Untuk yang sama sekali kurang atau tidak mengenal karakter pasangannya biasanya derajat miskomunikasinya jadi sangat tinggi," ujar psikolog yang ramah ini.

(Baca juga: 7 Cara Merawat Pernikahan agar Bahagia)

Lalu apa saja yang dilakukan dalam screening kepribadian guna nantinya membangun keluarga yang ideal?

Efnie menjabarkan pertama dilakukan screening kepribadian. Lalu dari hasil itu pasangan dibantu untuk saling mengenal secara utuh satu sama lain. "Termasuk strategi cara berkomunikasi yang efektif," ujar psikolog cantik ini. "Makanya akan lebih baik jika datang ke ahlinya dan dilakukan persiapan pra nikah termasuk screening kepribadian. Sehingga satu sama lain mudah untuk saling mengenal," sarannya.

"Melakukan ini sebelum atau di awal pernikahan lebih penting dibandingkan dengan melakukan family therapy setelah terjadinya permasalahan," tegas Efnie.

Beberapa temuan penelitian mengatakan bahwa masalah dalam pernikahan dipicu oleh faktor komunikasi.


"Nah, ketika berkomunikasi maka sangat penting bagi suami dan istri menyamakan persepsi. Kesepakatan dalam komunikasi ini akan lebih mudah diraih jika kedua-duanya saling mengenal karakter dan sifat bawaan. Dengan demikian tidak jarang penting bagi pasangan yang akan menikah dan telah menikah untuk melakukan pemeriksaan karakter bawaan masing-masing untuk memperlancar proses komunikasi tesebut."

Hal ini penting, "karena inti dari penikahan adalah meraih kebahagiaan bersama, dan ikatan pernikahan akan menjadi kuat jika rasa sayang terbentuk antara suami istri," tutup Efnie.











(TIN)