Selain Seks, Ini yang Penting dari Laki-laki

Kumara Anggita    •    Rabu, 23 Jan 2019 20:12 WIB
hubungan pasangan
Selain Seks, Ini yang Penting dari Laki-laki
Dapat disimpulkan bahwa bagi laki-laki, tidak menilai suatu hubungan dari sebatas seks saja. (Foto Ilustrasi: Joao Silas/Unsplash.com)

Jakarta: Selama ini, pandangan terhadap laki-laki adalah, kegemarannya terhadap hal-hal yang berkaitan dengan seks. Akan tetapi, sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa terdapat hal yang lebih bernilai bagi laki-laki ketika menjalin suatu hubungan. Apa itu? Jawabannya adalah Cinta yang berbalas.

Seorang peneliti Universitas Bucknell, Joel Wade, PhD, meneliti bagaimana seorang perempuan dan laki-laki bereaksi dalam suatu hubungan. Saat melakukan survei, dia melibatkan 100 orang berusia 20-an dengan memberikan dua pertanyaan.

Mereka harus memilih skenario mana yang lebih memilukan. Mengetahui perasaan pasangan tidak sedalam perasaan partisipan atau dianggap tidak menarik secara seksual. Hasilnya, baik perempuan maupun laki-laki berpikir bahwa tidak mendapatkan cinta yang berbalas lebih memilukan.

Dr.Wade tertarik dengan hasil yang diperoleh. Melansir dari Journal of the Evolutionary Studies Consortium, gender tidak menentukan penilaian seseorang dalam melihat tipe daya tarik. Komitmen seks dan emosional sama-sama penting dalam menentukan kesuksesan dalam suatu hubungan.

"Sangat mengejutkan bahwa pria dan wanita tidak berbeda pendapat tentang ini," kata Wade.

Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa bagi laki-laki, tidak menilai suatu hubungan dari sebatas seks saja. Laki-laki juga membutuhkan perasaan yang berbalas.

"Hal yang mengejutkan adalah setiap individu ingin mengetahui level cinta mereka seberapa jauh, atau komitmen emosionalnya seberapa kuat, atau apakah partnernya mencintai ia setara dengan cinta yang diberikan. Dan cinta yang berbalas lebih penting dari ketertarikan seksual," kata Dr. Wade.

Jadi untuk membuat hubungan Anda tetap harmonis, pastikan Anda tetap memberikan cinta kepada pasangan melalui dukungan emosional, atau hal-hal kecil yang menunjukkan kepedulian Anda terhadapnya.

Selain itu, pastikan Anda terus memberikan cinta yang sepadan dengan pasangan, agar hubungan Anda tetap harmonis.


(FIR)