Studi: Pelukan, Cara Terbaik untuk Berdamai Setelah Bertengkar

Torie Natalova    •    Jumat, 12 Oct 2018 16:30 WIB
pernikahankeluarga
Studi: Pelukan, Cara Terbaik untuk Berdamai Setelah Bertengkar
Studi: Pelukan, Cara Terbaik untuk Berdamai Setelah Bertengkar (Foto: gettyimages)

Jakarta: Pertikaian atau pertengkaran dengan pasangan bisa menjadi hal yang menyebalkan. Tak jarang, kondisi tersebut dapat merusak suasana hati Anda seharian dan mengganggu konsentrasi.

Tahukah Anda bahwa berpelukan tak hanya memberikan kita rasa nyaman dan dukungan, tapi juga bisa menjadi cara untuk menciptakan kedamaian setelah bertikai.

Sebuah penelitian baru dari Amerika menemukan bahwa memeluk pasangan atau bahkan anak-anak Anda setelah bertengkar dapat membuat Anda merasa lebih baik. Ini berarti Anda cenderung tidak memiliki perasaan negatif setelah bertengkar.

Dari hasil penelitian, mereka yang berpelukan pada hari pertengkaran merasa lebih baik daripada mereka yang tidak berpelukan. Hasil menunjukkan bahwa ada interaksi antara penerimaan pelukan dan pereda konflik seperti menerima pelukan dikaitkan dengan penurunan dampak terkait konflik yang lebih kecil.

Secara sederhana, pelukan dikaitkan dengan suasana hati yang positif dan mengurangi perasaan negatif. Maka, secara keseluruhan penelitian ini menemukan bahwa menjadi orang yang mengasihi setelah bertengkar, memiliki efek yang menenangkan buat diri sendiri.

 


(ELG)