Begini Formasi Cinta yang Perlu Anda Ketahui

Kumara Anggita    •    Selasa, 22 Jan 2019 19:13 WIB
hubungan pasangan
Begini Formasi Cinta yang Perlu Anda Ketahui
Sejauh mana Anda menyukai pasangan Anda (Foto Ilustrasi: Toa Heftiba/Unsplash.com)

Jakarta: Cinta bukan sekadar tentang Anda suka dengan pasangan, atau pun sebaliknya. Tetapi perlu diketahui juga sejauh mana perasaan Anda terhadap pasangan.

Di sini Psikolog asal Amerika, Robert J. Stenberg, mencoba menjabarkan sejauh mana perasaan Anda saat ini ke pasangan. Dia menyebutnya, formasi cinta yang di antaranya sebagai berikut:

-Bukan Cinta:
Anda tidak merasakan keintiman, gairah, maupun komitmen dengan pasangan? Jika Anda merasakan ini, artinya Anda tidak merasakan adanya getaran cinta. Sebaiknya Anda segera keluar dari hubungan ini.

-Sekadar Suka:
Ada keintiman di dalamnya. Anda suka berbagi cerita dan menghabiskan waktu dengannya, namun tidak ada cinta di dalamnya. Ini cuma friendzone.

-Cinta tanpa Ikatan:
Gairah sudah begitu kuat antara Anda dan orang yang Anda suka. Namun Anda tidak mau membuka diri dengannya, apalagi berkomitmen.

-Cinta Hampa:
Anda bertahan dengannya hanya karena sudah berkomitmen. Biasanya terjadi pada pasangan yang sudah lama bersama.

-Cinta Romantis:
Ada keintiman dan gairah dalam hubungan, namun belum yakin bahwa hubungan Anda dan pasangan bisa dibawa ke ranah yang lebih serius. Biasanya terjadi pada pasangan muda.

-Cinta Asmara:
Ada gairah dan komitmen. Anda saling tertarik dan hubungan Anda serius, tapi Anda dan pasangan tidak saling terbuka satu sama lain. Anda tidak mengenal jiwa pasangan Anda.

-Sempurna:
Ini yang direkomendasikan oleh Stenberg karena sudah melibatkan keintiman, gairah, dan komitmen. Jika anda sudah pada tahap ini, artinya hubungan Anda dan pasangan sudah mendalam dan ideal.


(FIR)