Saat Mudik, Lakukan Hal Ini agar Anak Tak Mudah Sakit

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 14 Jun 2017 13:57 WIB
tips & trik
Saat Mudik, Lakukan Hal Ini agar Anak Tak Mudah Sakit
(Foto: Adrescuewear)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pulang kampung atau mudik sudah menjadi tradisi orang Indonesia menjelang Hari Raya Idul Fitri. Saat mudik, kesehatan menjadi hal utama yang harus dipersiapkan agar mudik terasa nyaman. Ini penting, terutama bagi Anda yang membawa anak kecil.

Sistem imun yang masih belum terbentuk sempurna dalam tubub anak membuat orang tua harus ekstra perhatian agar anak tak terjangkit penyakit selama dalam perjalanan.

"Untuk perjalanan darat menggunakan mobil, usahakan istirahat setiap tiga jam karena suhu dalam mobil yang dingin," saran DR Dr Rini Sekartini, Sp.A(K) selaku Ketua Umum Ikatan Dokter Abak Indonesia (IDAI) Jakarta dalam peluncuran Video Edukasi Kesehatan Anak di Jakarta, Rabu (14/62017).

Durasi tiga jam tersebut didasarkan pada durasi jeda pemberian ASI pada bayi.

Selain itu, Dr Rini jug menyarankan untuk membawa mainan agar anak tak bosan, serta jangan lupakan obat-obatan sederhana seperti obat batuk, obat demam, dan obat diare; tiga penyakit yang paling sering dialami anak saat dalam perjalanan selain flu dan pilek.

Menurut Dr Rini, ada beberapa faktor mengapa anak rentan terkena flu, batuk, dan pilek selama perjalanan mudik, yaitu karena kurang tidur, pola makan tak teratur, dan tertular dari orang lain yang ditemuinya.

Oleh karena itu, sediakan camilan yang tinggi karbohidrat agar perut tetap terisi. Sementara, makanan siap saji untuk bayi juga bisa dijadikan pilihan.

"Makanan siap saji yang tinggal diseduh justru lebih aman daripada membeli di luar atau di jalan," tambahnya.

 


(DEV)