Tips Bagi Orang Tua yang Bekerja dalam Mendukung Tumbuh Kembang Anak

Raka Lestari    •    Selasa, 24 Jul 2018 07:25 WIB
keluarga
Tips Bagi Orang Tua yang Bekerja dalam Mendukung Tumbuh Kembang Anak
Anak-anak terutama yang masih berusia batita atau di bawah umur tiga tahun tentu perlu mendapatkan pendampingan dari kedua orang tua mereka. (Foto: Edward Cisneros/Unsplash.com)

Jakarta: Anak-anak terutama yang masih berusia batita atau di bawah umur tiga tahun tentu perlu mendapatkan pendampingan dari kedua orang tua mereka. Mengingat 1000 hari pertama kehidupan seorang anak merupakan saat-saat yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan si kecil. 

Namun, di zaman modern ini banyak keluarga yang mengharuskan kedua orang tua untuk bekerja sehingga pengasuhan terhadap anak-anak mereka dilakukan oleh babysitter, asisten rumah tangga, atau bahkan anggota keluarga. 

"Biasanya kan orang tua yang dua-duanya bekerja karena memang untuk keperluan tambahan ekonomi juga. Jadi tidak apa-apa asalkan ada yang menggantikan dalam mengasuh yang dapat dipercaya dan memiliki keterampilan yang mumpuni," ujar Annelia Sari Sani, S. Psi, Psikolog, pada acara peringatan Hari Anak Nasional (HAN), di RSAB Harapan Kita, Senin 23 Juli 2018. 


(1000 hari pertama kehidupan seorang anak merupakan saat-saat yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Foto: Priscilla Du Preez/Unsplash.com)

(Baca juga: Nenek yang Menjaga Cucu Memiliki Kesehatan Otak yang Lebih Baik?)

Namun Anne juga menambahkan, meskipun pengasuhan anak sudah diberikan kepada orang yang dipercaya tetap saja hal-hal apa saja yang harus dilakukan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak tetap harus dilakukan oleh orang tua. 

"Namun usahakan agar tidak terlalu sering berganti-ganti pengasuh karena jika pada tahun pertama kehidupan anak sudah berganti-ganti pengasuh, mereka akan kesulitan melakukan bonding attachment," ujar Anne. 

Untuk itu, Anne menyarankan jika orang tua kesulitan untuk mendapatkan pengasuh atau pendamping bagi anak yang cocok sebaiknya memilih tempat penitipan anak yang biasanya anak-anak akan dititipkan ketika orang tua sedang bekerja.

"Pada usia dua, atau lebih baik lagi pada usia tiga tahun jika orang tua berencana untuk mengganti pengasuh anak," tutup Anne. 





(TIN)