Pria dengan Kecerdasan Verbal Tinggi Lebih Mudah Menikah?

Raka Lestari    •    Senin, 02 Apr 2018 15:27 WIB
romansa
Pria dengan Kecerdasan Verbal Tinggi Lebih Mudah Menikah?
Para peneliti menyimpulkan bahwa pria dewasa muda dengan kecerdasan yang tinggi lebih mungkin menikah pada waktu yang cukup lama. (Foto: Courtesy of William Gardner/@william__gardner)

Jakarta: Banyak yang berkata bahwa cinta hal yang sangat rumit. Suatu sifat yang ditemukan oleh seseorang yang dianggap menarik dalam diri pasangan mungkin tidak menarik di mata orang lain.

Namun, menurut penelitian baru-baru ini, jenis kecerdasan yang ditunjukkan oleh pria dapat memainkan faktor yang besar dalam menentukan apakah mereka akan menikah dan untuk berapa lama.

Peneliti dari Hanken School of Economics dan Aalto University di Helsinki, Finlandia, dan Temple University di Philadelphia memutuskan untuk menyelidiki bagaimana kecerdasan seorang pria dapat memengaruhi nasib dari pernikahannya. 

Secara keseluruhan, tim peneliti menguji sekitar 190.000 pria dengan mempertimbangkan IQ dan variabel lain seperti pendapatan dan status sosial mereka. Penilaian skor IQ pria dibagi menjadi tiga bagian yaitu: kecerdasan verbal, logis, dan numerik.

Kecerdasan verbal melibatkan kemampuan untuk menganalisis informasi dan memecahkan masalah menggunakan penalaran berbasis bahasa. Kecerdasan logis terdiri dari kemahiran dalam memahami dan memecahkan masalah yang kompleks, sedangkan kecerdasan numerik meneliti pendekatan yang lebih matematis. 


(Peneliti dari Hanken School of Economics dan Aalto University di Helsinki, Finlandia, dan Temple University di Philadelphia memutuskan untuk menyelidiki bagaimana kecerdasan seorang pria dapat memengaruhi nasib dari pernikahannya. Foto: Brooke Cagle/Unsplash.com)

(Baca juga: Sifat Pasangan yang Diidamkan Pria dan Wanita)

Para peneliti menyimpulkan bahwa pria dewasa muda dengan kecerdasan yang tinggi lebih mungkin menikah pada waktu yang cukup lama, sementara mereka dengan tingkat kecerdasan verbal yang lebih tinggi memiliki kesempatan yang lebih besar untuk menikah dalam waktu dekat. 

Namun hal tersebut bukan hanya satu-satunya hal yag dihitung dalam penelitian tersebut. Tim peneliti juga menyelidiki apakah kekayaan seorang pria dapat memengaruhi kemungkinannya untuk menikah.

Menurut temuan mereka, seorang pria dengan kekayaan yang lebih banyak akan lebih mungkin menikah daripada orang yang pintar. Namun, seorang pria dengan IQ yang lebih tinggi memiliki kesempatan lebih besar untuk menikah dan memiliki pernikahan yang langgeng. 







(TIN)