Cara Ini Hindari Pemborosan Ketika Anda Berbelanja

Sri Yanti Nainggolan    •    Senin, 16 Apr 2018 11:49 WIB
tips berbelanja
Cara Ini Hindari Pemborosan Ketika Anda Berbelanja
Berikut adalah tips berbelanja yang akan membuat kantong tak terkuras karena tak bisa mengontrol diri akibat lapar mata. (Foto: Igor Ovsyannykov/Unsplash.com)

Jakarta: Apakah Anda tipikal orang yang mudah tergoda untuk membeli barang yang tak ada dalam daftar kebutuhan saat berbelanja? Jika ya, maka Anda perlu melakukan beberapa hal untuk menghentikan kebiasaan tersebut.

Berikut adalah tips berbelanja yang akan membuat kantong tak terkuras karena tak bisa mengontrol diri akibat lapar mata.

1. Patuh pada daftar
Membuat daftar adalah hal yang krusial, termasuk menentukan apakah ingin membeli bumbu dasar atau makanan dalam seminggu ke depan. Selain itu, pastikan Anda berbelanja dalam keadaan kenyang karena hal tersebut membuat Anda dapat berpikir lebih rasional, tanpa berfokus pada makanan terus.

(Baca juga: Jangan Berbelanja pada 4 Situasi Ini)


(Salah satu agar Anda tetap patuh pada daftar belanjaan adalah pastikan Anda berbelanja dalam keadaan kenyang. Karena hal tersebut membuat Anda dapat berpikir lebih rasional, tanpa berfokus pada makanan terus.Foto: Peter Bond/Unsplash.com)

2. Hindari area yang tak perlu
Jika Anda melihat area makanan kecil, padahal tak membutuhkannya berjalanlah ke area yang Anda butuhkan. Pergilah ke bagian pinggiran toko yang umumnya terletak makanan pokok dan hindari bagian tengah yang berisikan banyak makanan.

3. Pilih makanan instan
Pilihlah bahan makanan yang sudah dipotong agar Anda mudah mengolahnya saat sudah di rumah daripada harus membeli makanan dari luar. Meskipun lebih mahal, setidaknya Anda tak menghamburkan uang lebih banyak untuk makanan jadi yang dipesan.

4. Memanjakan diri sendiri
Tak ada salahnya membeli camilan yang disenangi saat berbelanja. Menggabungkan makanan sehat dengan makanan kesukaan dapat meningkatkan selera makan dan membuat Anda semakin senang mengonsumsi makanan yang dimasak sendiri ketimbang membeli makanan jadi.




(TIN)