Tips Atasi Anak-anak yang Bertengkar

Raka Lestari    •    Senin, 09 Apr 2018 16:17 WIB
keluarga
Tips Atasi Anak-anak yang Bertengkar
Adams menyarankan agar orang tua secara mental mempersiapkan diri untuk mendengar beberapa hal buruk, dan kemudian mengakui pentingnya perasaan anak mereka. (Foto: Michal Janek/Unsplash.com)

Jakarta: Melihat anak-anak bertengkar di dalam rumah terkadang bisa membuat orang tua merasa jengkel. Hal-hal kecil pun terkadang bisa memicu terjadinya pertengkaran. 

Misalnya saja karena salah satu anak mengganti channel televisi kesukaan anak yang lain, mengganggunya ketika sedang tidur, dan lain sebagainya. Masalah-masalah kecil tersebut terkadang bisa memicu terjadinya pertengkaran hebat. 

Lalu bagaimana cara yang terbaik untuk memisahkan anak-anak yang sedang bertengkar? 

(Baca juga: Punya Saudara Kandung Bantu Tingkatkan Kemampuan Berkencan)

Kirsten Adams, seorang ahli terapi keluarga percaya bahwa permusuhan antar saudara adalah sesuatu yang alami.

Jika orang tua bisa memahaminya dengan baik, maka mereka bisa memosisikan dirinya dengan baik ketika menghadapi anak-anak yang bertengkar. "Memiliki saudara kandung identik dengan keharusan berbagi, kurangnya perhatian terhadap dirinya," katanya. 


(Berikan waktu khusus untuk mendengarkan apa kata mereka. Duduk dan mendengarkan keluh kesah anak-anak Anda bisa sangat membantu mereka dan mengerti apa yang mereka rasakan. Foto: Annie Spratt/Unsplash.com)

Adams menyarankan agar orang tua secara mental mempersiapkan diri untuk mendengar beberapa hal buruk, dan kemudian mengakui pentingnya perasaan anak mereka. 

"Biasanya dengan pertengkaran yang terjadi terus menerus anak-anak memiliki kemarahan yang dipendam. Kemarahan yang terpendam itulah yang menyebabkan dirinya akan mengekspresikan kemarahan yang bertumpuk tersebut." 

Oleh karena itu, jika hal tersebut terjadi sebaiknya orang tua mau memahami perasaan anak-anak mereka. Berikan waktu khusus untuk mendengarkan apa kata mereka. Duduk dan mendengarkan keluh kesah anak-anak Anda bisa sangat membantu mereka dan mengerti apa yang mereka rasakan. 







(TIN)