Orang Tua 'Zaman Now' Wajib Punya Pemahaman Digital

   •    Kamis, 07 Jun 2018 12:46 WIB
media sosial
Orang Tua Zaman Now Wajib Punya Pemahaman Digital
Ilustrasi. (Thinkstock)

Jakarta: Di tengah perkembangan teknologi sudah barang tentu orang tua membekali anak dengan ponsel pintar atau sederet gawai canggih lainnya. Namun memberi saja tidak cukup, panduan penggunaan, khususnya akses ke media sosial harus diawasi. 

Banyaknya platform aplikasi yang tak memiliki batasan umur membuat orang tua perlu ekstra waspada. Terlebih, ketika anak tak mampu memproduksi konten kreatif bukan tidak mungkin mereka akan memanfaatkan unsur 'sensasi' untuk mendapatkan banyak simpati.

"Orang tua harus memahami aplikasi yang sekarang berkembang. Bekali bagaimana anak menggunakan aplikasi secara bertanggung jawab. Anak harus paham akan bahaya ketika membuat konten," ujar Sosiolog Daisy Indira Yasmin, dalam Selamat pagi Indonesia, Selasa, 5 Juni 2018.

Menurut Daisy orang tua saat ini wajib memiliki pemahaman digital yang kuat. Jangan sampai anak 'lebih pintar' di dunia digital ketimbang orang tua. 

Pentingnya literasi digital, ungkap Daisy, bukan hanya kemampuan mengoperasikan atau memilih platform dan konten, namun juga bisa mengevaluasi apa yang hendak dan sudah dibagikan ke media sosial.

"Kemampuan mengevaluasi, mengelola, dan mengatur konten yang tepat sesuai usia dan kondisi wajib dimiliki orang tua dan anak," katanya. 

Daisy mengungkap masyarakat Indonesia saat ini tengah dalam masa transisi dari tradisional ke digital. Mengunggah konten di media sosial berbasis digital bukan hanya sekadar mengisi waktu luang melainkan sudah menjadi identitas.

Konten yang memperoleh banyak tanda suka diikuti dengan jumlah followers yang terus bertambah, kata dia, dianggap sebagai pencapaian luar biasa dalam masyarakat digital. Aplikasi tak lagi dimaknai sebagai media untuk berkreasi namun cenderung digunakan untuk meraup banyak tanda suka.

"Itu yang secara umum mengubah cara berpikir orang.  Sekarang bagaimana mendapat banyak likes? Dengan melakukan hal yang menyimpang dari norma umum sudah pasti mendapatkan respons. Konten sensasional cara mudah untuk mendapatkan itu semua," kata dia. 




(MEL)