Tips Menghemat Pengeluaran saat Membeli Perlengkapan Bayi

Pelangi Karismakristi    •    Selasa, 31 Jul 2018 18:35 WIB
tips & trik
Tips Menghemat Pengeluaran saat Membeli Perlengkapan Bayi
Ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli perlengkapan si kecil. (Foto: Alexy Shikov/Unsplash.com)

Jakarta: Berbelanja perlengkapan bayi tak jarang membuat membuat para calon ibu lapar mata. Betapa tidak, banyak toko perlengkapan bayi yang menawarkan produk dengan aneka motif lucu.

Agar Anda tak boros dan efisien saat membeli segala sesuatu untuk si jabang bayi, Anda perlu menyadari bahwa berburu perlengkapan bayi tak harus mahal. Selain itu, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan, seperti dilansir dari Parents.

1. Rencanakan sebelum kelahirannya
Beberapa bulan sebelum ia dilahirkan ke dunia, ada baiknya Anda membuat perencanaan barang apa saja yang akan dibeli. Mulailah membuat daftar belanja dan mulai membeli beberapa.

Anda juga disarankan untuk tak membeli dari A-Z bersamaan, hal ini tentu akan membuat pengeluaran membengkak. Anda bahkan bisa membeli setengahnya setelah ia lahir.

(Baca juga: Perlengkapan Bayi Inovatif dan Unik di Bloom & Grow)

2. Survei harga sebelum membeli
Sebelum membeli perlengkapan bayi, ada baiknya Anda pergi ke toko bayi terdekat untuk mengetahui harganya. Atau Anda juga bisa mengeceknya di toko online terpercaya dan dapatkan harga terbaik. Hal ini akan memudahkan Anda mempersiapkan dana belanja untuk kebutuhan si kecil.


(Beberapa bulan sebelum ia dilahirkan ke dunia, ada baiknya Anda membuat perencanaan barang apa saja yang akan dibeli. Mulailah membuat daftar belanja dan mulai membeli beberapa. Foto: Freestock.org/Unsplash.com)

3. Membeli barang second
Setelah Anda melakukan survei, mungkin akan merasa terkejut karena ada beberapa perlengkapan yang harganya cukup mahal, misalnya saja stroller dan car seat. Untuk menyiasatinya, Anda bisa membeli yang sudah tak terpakai namun kondisinya masih baik dari teman maupun saudara. 

4. Tahu waktu kapan membeli kebutuhan bayi yang mahal
Ada beberapa item bayi yang akan menghabiskan kocek Anda lumayan dalam. Misalnya saja, boks bayi, dan bagi Anda ibu yang akan kembali bekerja dan menyusui akan membutuhkan pompa payudara yang berkualitas. Atau jika Anda adalah seorang traveller dan ingin mengajak si kecil berjalan-jalan, ada baiknya Anda berinvestasi dengan kereta bayi yang lebih mahal.

5. Tak usah terpacu pada merek
Bayi tak akan tahu perbedaan antara label mahal atau murah. Jika Anda bersikukuh membeli barang bayi high-end, tentu akan membuat keuangan bengkak. Tak usah terpacu pada merek, kini banyak sekali produk bayi yang tak bermerek tapi kualitasnya bagus.

6. Mencari barang diskon
Ini adalah cara yang banyak digunakan para ibu untuk menghemat pengeluaran. Cobalah berburu ke pusat perlengkapan bayi atau toko online terpercaya. Baarang diskonan ini akan membantu Anda sedikit berhemat.





(TIN)