Teman tetapi Bermusuhan, Kenali Tanda Anda Berada di Lingkaran Frenemy

Raka Lestari    •    Senin, 09 Jul 2018 11:43 WIB
keluarga
Teman tetapi Bermusuhan, Kenali Tanda Anda Berada di Lingkaran Frenemy
(Foto: For Every Mom)

Jakarta: Memiliki teman-teman yang baik bisa berdampak baik pula untuk kesehatan mental Anda. Sayangnya, ada kalanya kita tidak beruntung untuk menemukan teman yang baik. 

Frenemy menjadi istilah untuk menggambarkan persahabatan yang buruk. Anda berteman, tetapi juga bermusuhan. Jurnal Psikologi yang dirilis pada tahun 2014 menyebutkan, memiliki frenemy bisa menyebabkan pikiran dan tubuh Anda stres berat.

Bagaimana ciri frenenemy? berikut ulasannya seperti dilansir dari Readers Digest.

1. Tidak seperti yang orang lain bayangkan

Anda dan teman Anda dikenal orang lain sebagai teman dekat. Sayangnya, hubungan kalian nyatanya tidak sedekat yang orang lain pikirkan. Teman Anda sama sekali tidak melibatkan Anda ketika ia memiliki acara spesial, menjadi indikasi ada yang salah pada pertemanan Anda. 

2. Dia menggoda mantan kekasih Anda

Mencoba mendekati mantan pasangan tanpa memberitahu Anda terlebih dahulu juga bisa menjadi indikasi bahwa teman Anda seorang frenemy

3. Tidak berempati saat Anda terkena musibah

Ketika Anda mengalami masa-masa sulit, seorang teman pasti menanyakan bagaimana keadaan Anda dan menawarkan bantuan. 

"Jika Anda terkena musibah, dan teman Anda hanya bertanya tanpa memberikan rasa empati itu berarti mereka tidak bermaksud baik kepada Anda. Mereka hanya ingin menyoroti kesulitan yang Anda alami," ujar Leah Klungness, PhD, psikolog dan parenting expert.

4. Selalu bersaing

Jika teman Anda selalu ingin menimbulkan suasana yang penuh dengan kompetisi dan tidak mau kalah dari Anda, itu juga bisa menjadi pertanda bahwa mereka tidak berteman secara tulus dengan Anda. Mereka hanya membutuhkan teman untuk bersaing dan memenuhi hasrat mereka untuk berkompetisi.




(DEV)